Survei: Tokoh Parpol Capres 2024, Elektabilitas Airlangga Tertinggi

Politik | Senin, 12 April 2021 - 23:05 WIB

Survei: Tokoh Parpol Capres 2024, Elektabilitas Airlangga Tertinggi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (DOK.RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Calon Presiden 2024 terus menjadi pembahasan menarik di kancah politik tanah air. Salah satu nama, Airlangga Hartarto yang diusulkan kader Partai Golkar, serta organisasi didirikan dan mendirikan partai sebagai calon tunggal Capres. Kini, namanya kembali muncul sebagai tokoh partai politik tertinggi dalam sebuah survei.

Adalah Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), yang mengungkapkan Ketua Umum Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendapat elektabilitas tertinggi. Dengan angka 17,6 persen sebagai tokoh partai politik yang tepat menjadi presiden di tahun 2024. 


"Untuk elektabilitas tokoh parpol, Ketum Golkar Airlangga Hartarto 17,6 persen," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo.

Informasi tersebut diungkapkannya pada diskusi dalam jaringan yang dilaksanakan, Senin (12/4/2021). Menurutnya, perihal survei, responden diberikan pertanyaan, dari tokoh partai politik berikut ini siapa yang menurut anda berpotensi terpilih menjadi presiden di 2024.

Atas pertanyaan tersebut, nama Airlangga meraih persentase terbanyak. Disusul Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan persentase 15,6 persen. Kemudian ada nama politisi Partai Gerindra yang kini menjabat menteri di kabinet Presiden Jokowi, Sandiaga Uno dengan angka 13,7 persen.

Nama politisi PDI-P Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar memperoleh 9,6 persen. Kemudian disusul Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 9,0 persen. Presiden PKS Ahmad Syaikhu 8,3 persen juga tak ketinggalan dalam survei ini.

Tokoh lain yang muncul sesuai urutan persentasenya adalh politisi Partai Golkar Jusuf Kalla 5,9 persen, Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan politisi Nasdem Ahmad Syahroni 4,8 persen. 

Dijelaskan Kunto Adi, survei dilakukan terhadap 1.260 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia, dengan rentang waktu 29 Maret hingga 4 April 2021. Mayoritas responden berusia 25 sampai 40 tahun, serta memiliki Pendidikan tamat SLTA sederajat. 

“Survei dilakukan dengan metode wawancara via telepon,” pungkasnya dalam keterangan resmi yang diterima Riaupos.co.

Editor: Eka G Putra


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com