Mahfud Jamin Kelancaran Tahapan Pemilu

Politik | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:07 WIB

Mahfud Jamin Kelancaran Tahapan Pemilu
M Mahfud MD (ISTIMEWA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Pemerintah menegaskan bahwa tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berjalan sesuai jadwal. Pemerintah juga menghargai independensi KPU dalam kapasitasnya sebagai penyelenggara.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) M Mahfud MD. Dia menyampaikan telah menerima informasi terbaru dari KPU. Mahfud menyatakan, tahapan pemilu akan segera dilaksanakan. "Dimulai pada tanggal 14 Juni 2022," ungkap dia kemarin (12/5).

Yamaha Alfa Scorpii

Mahfud menyebut persiapan terus dilakukan menuju tanggal tersebut. Hal-hal yang sifatnya teknis itu akan terus dikoordinasikan. Pemerintah termasuk presiden, lanjut Mahfud, tidak akan mengintervensi KPU. Mereka bisa bekerja secara mandiri. Namun, bila memerlukan bantuan administratif dan keuangan, Mahfud memastikan bahwa pemerintah akan membantu. "Nanti kami perlancar semuanya," tegas dia.

Selain itu, dia meminta agar KPU hati-hati selama bekerja. Hal itu berdasar pengalamannya menjadi penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan hakim perkara pemilu di MK. "Apapun yang anda (putuskan, red) pasti akan digugat," imbuhnya.

Living World Pekanbaru

Oleh karena itu, independensi itu menjadi kunci. "KPU harus firm bekerja dengan bertanggung jawab," tambah dia.

Terpisah, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, rapat konsinyering terkait tahapan pemilu akan digelar sesuai jadwal. KPU akan menyampaikan alternatif terkait durasi masa kampanye, yang saat ini belum disepakati bersama DPR dan Pemerintah.(syn/far/bay/jpg)







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  24-meii.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com