PILPRES 2024

Relawan Jokowi Pilih Ganjar Ketimbang Anis

Politik | Rabu, 16 Juni 2021 - 04:03 WIB

Relawan Jokowi Pilih Ganjar Ketimbang Anis
Salah satu kelompok pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu. (TEMPO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Ketua Relawan Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer didekati sejumlah pihak untuk kepentingan Pemilu 2024. Dia mengklaim salah satu yang menjalin komunikasi yakni relawan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Akan tetapi, Immanuel mengatakan kelompoknya lebih suka memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024.


Immanuel mengatakan relawan Anies bukan satu-satunya pihak yang mendekati JoMan. Namun, ia menolak bicara lebih lanjut mengenai lobi-lobi tersebut.

"Soal didekati, kita tidak mau berbohong kepada publik bahwa beberapa tokoh politik mulai merapat ke Jokowi Mania," kata Ebenezer, Selasa (15/6/2021).

Menurut dia, ada beberapa pihak yang berkepentingan mencari dukungan mulai mendekati kelompok relawan Jokowi, termasuk JoMan. Mereka berupaya mendekat karena para relawan terbukti berhasil mengantarkan Jokowi dua kali memenangkan pilpres.

"Kami tidak mau mengklaim, tapi itu menjadi fakta sejarah. Dua kali kemenangan presiden salah satu faktornya adalah faktor relawan, kontribusi relawan," tuturnya.

JoMan belum mengambil sikap karena masih menunggu arahan dari Jokowi terkait Pilpres 2024. Ia menegaskan dirinya tak mau relawan Jokowi hanya dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Meski demikian, Immanuel menyebut JoMan mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ia menilai Ganjar adalah sosok tepat untuk menggantikan Jokowi.

"Yang pasti, presiden enggak mungkin ngasih arahan ke Anies Baswedan. Saya pastikan," kata Ebenezer.

"Tapi kalau soal hati, relawan Jokowi, JoMan pasti mendukung Ganjar. Secara hati ya. Tapi tetap kita tegak lurus Jokowi," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Jaringan Nasional Milenials 24, Muhammad Ramli Rahim membantah kabar relawan Anies Baswedan mendekati Jokowi Mania untuk kepentingan Pilpres 2024 mendatang.

Ramli, yang telah mendeklarasikan diri sebagai ketua relawan Anies di Milenials 24, menyebut pihaknya atau beberapa relawan lain, seperti Relawan Turun Tangan tak pernah mendekati Jokowi Mania.

"Kami tak pernah mendekati relawan Jokowi Mania dan setahu saya tak ada relawan Anies yang mendekati relawan Jokowi," kata Ramli, Selasa (15/6).

Selain membantah pernyataan Immanuel Ebenezer, Ramli menyebut saat ini pihaknya lebih fokus menggerakkan relawan sendiri. Dalam waktu dekat, Ramli akan menggelar acara deklarasi dukungan untuk Anies di 17 Provinsi.

"Rencananya kami akan ada agenda deklarasi di 17 Provinsi. Itu sepanjang Oktober 2021 sampai Agustus 2022 nanti," kata Ramli.

Sumber: JPNN/News/CNN/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun
 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  28-jul.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com