PILKADA 2020 INHU

Daftar Pemilih Sementara Inhu Ditetapkan 291.573 Pemilih

Politik | Rabu, 16 September 2020 - 19:35 WIB

Daftar Pemilih Sementara Inhu Ditetapkan 291.573 Pemilih
Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM.(DOK.RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetapkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 sebanyak 291/573 pemilih. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 4.570 orang dibanding daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu.

Sementara tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Inhu, saat ini sudah pada tahap penyerahan dokumen perbaikan persyaratan calon kepada KPU daerah itu.

"Dari hasil pleno DPS, terdapat penambahan jumlah pemilih di Kabupaten Inhu yakni sebanyak 4.570 pemilih," ujar Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM, Rabu (16/9/2020).


Setelah pleno DPS, KPU kembali melakukan perbaikan hingga menjadi DPT. Dimana DPS tersebut selanjutnya disampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kembali diumumkan. Hal ini dimaksudkan, agar pemilih yang belum terdata kembali dapat didata ulang atau sebaliknya, pemilih meminta untuk didata.

Perubahan atas data itu, masuk dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

"DPS kembali disempurnakan hingga ditetapkan kembali melalui pleno yang pada akhirnya menjadi DPT," ungkapnya.

Mengacu kepada DPT Pileg tahun 2019 lalu, jumlah DPT di Kabupaten Inhu 287.003 pemilih. Jika dibandingkan dengan DPS pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 terdapat penambahan sebanyak 4.570 pemilih.

Kemudian untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan bupati dan wakil bupati kali ini, bisa saja berkurang dibandingkan pada Pileg lalu. Karena untuk satu TPS, pada pemilihan bupati dan wakil bupati sebanyak 500 pemilih. Sedangkan pada Pileg lalu, untuk satu TPS maksimal hanya untuk 300 pemilih.

Lebih jauh disampaikannya, hari ini (Rabu) merupakan hari terakhir penyampaian perbaikan berkas persyaratan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati. Karena saat pendaftaran beberapa waktu, semua berkas pendaftaran Bapaslon belum memenuhi syarat. 

"Pekan depan sudah masuk pada tahapan penetapan calon," terang Yenni.

Laporan: Raja Kasmedi (Rengat)

Editor: Eka G Putra








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-25.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com