POLITIK

PKS Riau Kirim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya

Politik | Rabu, 19 Agustus 2020 - 12:17 WIB

PKS Riau Kirim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Rohingya
Ketua Relawan Crisis Center For Rohingya (CC4R) Markarius Anwar saat memberikan kata sambutan pada kegiatan pelepasan relawan dan bantuan untuk pengungsi Rohingya di Provinsi Aceh, Rabu (19/8/2020).(PKS RIAU FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 94 orang pengungsi asal Rohingya diketahui masih berada di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dimana status para pengungsi tersebut masih belum ada kejelasan.

Apakah diterima pemerintah setempat atau tidak. Atas kondisi itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Riau tergerak untuk memberikan bantuan.


Ketua Relawan Crisis Center For Rohingya (CC4R) Markarius Anwar mengungkapkan ada dua orang relawan yang disiapkan pihaknya berikut bantuan senilai Rp50 juta yang berasal dari masyarakat Riau.

"Kali ini total bantuan yang akan disalurkan sebesar Rp50 juta. Bantuan ini merupakan amanah dari masyarakat Riau yang dititipkan melalui relawan CC4R PKS Riau untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingnya," sebut Markarius kepada Riaupos.co, Rabu (19/8/2020).

Masih dikatakan Markarius, bantuan akan diberikan dalam bentuk program. Seperti dapur umum, bantuan kesehatan, peningkatan gizi dan pendidikan untuk anak-anak pengungsi Rohingnya. Pihaknya akan bersinergi dengan masyarakat dan relawan setempat.  

Sementara itu, Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief mengajak masyarakat agar selalu menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap saudara-saudara yang sedang membutuhkan pertolongan.

"Apalagi sebagai umat islam, kita diikat melalui ukhuwah islamiah dengan saudara-saudara muslim Rohingnya," pungkasnya.

Selain memberikan bantuan dalam bentuk logistik, PKS dikatakan Hendry Munief, juga akan menginisiasi kajian dalam bentuk forum group discussion bersama para akademisi, dinas terkait dan pemangku kebijakan lainnya. Guna mendapatkan masukan dan solusi terbaik.

"Sehingga solusi yang kita peroleh nantinya dapat disuarakan melalui lembaga DPRD ke gubernur, gubernur menyampaikan ke pemerintah pusat (presiden). Begitu seterusnya hingga ke forum internasional. Agar hak-hak Rohingnya mendapatkan solusi terbaik," tegas Hendri.

Ia berharap dengan diutusnya relawan CC4R, bisa mewakili masyarakat Riau untuk memberikan layanan terbaik kepada pengungsi Rohingya di Aceh.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, saya selaku ketua DPW PKS Riau mewakili seluruh jajaran pengurus dan keluarga besar PKS Riau, secara resmi melepaskan dua orang delegasi relawan CC4R ke Aceh Utara untuk menyalurkan bantuan kepengungsi Rohingnya," tuntasnya.

Laporan: Afiat Ananda (Pekanbaru)








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-25.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com