Lewat Penikahan Kaesang, Jokowi Beri Pertanda Dukungan kepada Erick

Politik | Minggu, 20 November 2022 - 23:15 WIB

Lewat Penikahan Kaesang, Jokowi Beri Pertanda Dukungan kepada Erick
Keterlibatan Menteri BUMN Erick Thohir dalam persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dinilai positif oleh pengamat. (NURUL FITRIANA/JPC)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Keterlibatan Menteri BUMN Erick Thohir dalam persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dinilai positif oleh pengamat. Secara politik bahkan dimaknai sebagai restu Jokowi menuju Pilpres 2024 yang akan datang.

“Gampang saja melihatnya, yaitu siapa yang di percaya untuk menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang,” ujar pengamat politik, Kiky Rizky Yoctavian, Ahad (20/11/2022).


Menurut Kiky, menjadi ketua panitia sebuah acara pernikahan yang penuh ritual budaya dan religius tentu tidak bisa diartikan sebagai simbol kepercayaan Jokowi pda Erick Thohir.

 “Menjadi ketua panitia pernikahan anak Jokowi adalah simbol, tanda yang sulit di bantah bahwa pada orang itulah kelak Jokowi akan menitipkan keluarganya, anak dan cucunya,” ujar Kiky.

Ia juga menjelaskan, jelang menuju 2024 banyak orang hanya melihat capres dan cawapres yang di inginkan Jokowi hanya sebatas pada faktor elektabilitas semata,

“Padahal jika kita mempelajari kultur jawa, ketika seorang raja atau pemimpin akan menyelesaikan jabatannya atau berhenti maka setidaknya ada 3 hal yang akan di pastikan ada pada diri penerusnya,” terangnya.

Pertama, lanjut Kiky adalah memastikan legacy yang ditinggalkan tetap dijaga. Kedua, memastikan kesinambungan program, target dan tujuan tetap berjalan.

Ketiga, yang tidak kalah penting adalah memastikan si penerus merupakan orang yang dipercaya untuk menjaga anak dan keturunannya.” tegasnya.

“Bisa banyak nama tapi yang pasti bukan Anies Baswedan yang menurut Zulvan Lindan adalah antitesa Jokowi yang di dukung oleh koalisi Perubahan yang bisa di maknai kata perubahan itu berkonotasi situasi yang tidak sama dengan Jokowi tentunya,” ucap Kiky.

Ia melanjutkan penjelasannya bahwa dari tiga hal tersebut diatas maka yang pertama maupun ke dua sangat banyak kemungkinannya, tapi yang ketiga tentulah hanya orang yang memang sangat dipercaya oleh Jokowi.

 “Jabatan Presiden 2 periode yang di emban Jokowi tentu tidak mungkin menyenangkan semua orang, pasti ada saja orang yang dirugikan, kecewa, sakit hati, pada Jokowi yang semuanya bisa saja dilampiaskan berikut hari tidak pada Jokowi tapi bisa jadi pada Gibran, Kahiyang atau Kaesang atau mungkin juga Jan Ethes,” terang mantan Wakil Ketua PKB Sumatera Selatan tersebut.

“Jadi kalau usai acara Projo di Magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar, kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo. Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama-nama yang beredar adalah Erick Thohir yang ditunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang,” tandasnya.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  7-nove.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com