PAN Rohul Belum Bahas PAW Almarhum H Darwin, Ini Alasannya

Politik | Rabu, 23 November 2022 - 14:04 WIB

PAN Rohul Belum Bahas PAW Almarhum H Darwin, Ini Alasannya
Ketua DPD PAN Rokan Hulu, Andrizal. (DOK.RIAUPOS.CO)

PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO) - Paska dua pekan meninggalnya H Darwin (55) selaku Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) karena sakit. DPD PAN Kabupaten Rohul mengaku belum melakukan rapat pemberhentian dan usulan pergantian antar waktu (PAW) untuk mengisi kekosongan.

Belum di isinya satu kursi milik Fraksi PAN DPRD Rohul itu, dengan alasan Keluarga Besar PAN Rohul masih berduka atas meninggalnya almarhum H Darwin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 1 DPD PAN Rohul pada 8 November lalu.


Ketua DPD PAN Rohul Andrizal saat dikonfirmasi Riaupos.co, Rabu (23/11/2022) menegaskan pihaknya sampai saat ini belum ada menggelar rapat membahas PAW almarhum H Darwin.

''DPD PAN Rohul masih berduka, kita belum gelar rapat pengurus untuk usulan PAW Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PAN menggantikan Almarhum H Darwin. Dengan alasan kemanusian, yang jelas partai nantinya akan menyampaikan  pemberhentian Almarhum H Darwin sekaligus pengusulan PAW kepada Ketua DPRD Rohul,'' ujarnya.

Andrizal yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Rohul itu, mengatakan tidak terburu-terburunya mengisi kekosongan satu kursi milik PAN di DPRD Rohul, disatu sisi dengan keterlambatan menjadi kerugian bagi partai yang dipimpinnya.

Tapi pihaknya lebih mengedepankan alasan kemanusian, sehingga saat ini belum memproses pemberhentian dan PAW Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PAN tersebut.

Andrizal mengatakan kekosongan kursi di DPRD Rohul pasti akan diisi kembali. Jika nanti suasana yang dirasa sudah baik, barulah DPD PAN akan berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul terkait proses PAW almarhum H Darwin.

Disinggung siapa kader partai yang perolehan suara terbanyak pada Pileg Tahun 2019 di Dapil 4, untuk mengisi PAW Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PAN Almarhum H Darwin, Andrizal belum menjelaskan, pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rohul.

Koordinasi itu dianggapnya sangat penting, untuk mendapatkan satu nama yang memang berhak untuk mengganti 1 kursi DPRD Rohul Fraksi PAN sepeninggalan almarhum H Darwin.

Sementara berdasarkan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Calon Anggota DPRD kabupaten/kota setiap kecamatan oleh KPU Rohul tahun 2019 untuk PAN Dapil 4 Rohul (Ujung Batu, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Tandun, Kabun). 

Adalah H Darwin (3324 suara), Ayatulah Kumaini (2.814 suara), Abu Bakar(1477 suara), Yosef Hendri (830 Suara), Anita SH (58 suara), Fitri Anita (48 suara), Rasyid Ridho Siregar (39 suara), Nur Chaidah (22suara), Dedi Hasmon (17 Suara), Khairani Lubis (11suara), Alfian Yasri (5 suara). 

Laporan: Engki Prima Putra (Pasir Pengaraian)

Editor: Eka G Putra









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  7-nove.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com