POLITIK

Anies Kalah Jauh dari Prabowo Karena Masalah Banjir

Politik | Senin, 24 Februari 2020 - 13:37 WIB

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan digadang-gadang menjadi salah satu nama potensial untuk diusung jadi capres di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu sejalan dengan hasil survei yang dirilis Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI).

Seperti dikutip PojokSatu.id (Jawa Pos Group), dalam survei tersebut, Anies Baswedan menjadi salah satu sosok potensial yang memiliki elektabilitas. Akan tetapi, Anies masih kalah jauh jika dibanding dengan Prabowo Subianto yang mendapat dukungan sebesar 17,2 persen.

Di posisi kedua, ada Sandiaga Uno yang mendapat dukungan sebesar 9,1 persen. Disusul selanjutnya oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di posisi ketiga dengan 8,8 persen. Sedangkan Anies sendiri, berada di posisi keempat dengan elektabilitas yang mencapai 7,8 persen.


Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno mengatakan, ada satu faktor yang sangat mempengaruhi elektabilitas Anies. Terakhir yang cukup memberikan dampak besar adalah banjir Jakarta di hari pertama memasuki 2020.

Demikian disampaikan Adi Prayitno dalam pemaparan rilis hasil siurvei bertema ‘Proyeksi Politik 2024’ di Hotel Grand Alia Cikini, Jakarta Pusat, Minggu siang (23/2). Merujuk hasil survei PPI sebelumnya, tidak pernah ada yang berhasil menjatuhkan elektabilitas Anies Baswedan dengan cukup parah selain banjir.

Justru, semakin Anies di-bully dan dikritik habis-habisan, semakin ia mendapat simpatik masyarakat. “Tetapi ketika ada banjir (pada) 1 Januari sampai sekarang datang ke Jakarta, tanpa di-bully pun Anies itu turun (elektabilitas) dengan sendirinya,” kata Prayitno.

Hasil survei juga menunjukkan sejumlah kepala daerah dan menteri yang memiliki potensi cukup besar maju di Pilpres 2024. Di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selanjutnya Ustaz Abdul Somad, Gatot Nurmantyo, Susi Pudjiastuti, Andika Perkasa, Erick Thohir. Lalu putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, Moeldoko, Nadiem Makrim, Airlangga Hartarto sampai Budi Gunawan.

Responden diberikan pertanyaan, jika pilpres digelar hari ini, siapa calon presiden yang akan Bapak Ibu pilih dari 25 nama calon. “Hasilnya, Sandiaga Uno memperoleh 17,9 persen dan Anies Baswedan sebesar 11,9 persen,” ungkap Adi Prayitno.

Di bawah keduanya, ada Ganjar Pranowo dengan 11,2 persen disusul AHY sebesar 8,4 persen dan Ridwan Kamil sebesar 7,3 persen. Sedangkan 10 tokoh lainnya memperoleh dukungan di bawah enam persen. Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 25 Januari sampai 10 Februari 2020.

Survei menggunakan metode multistage random sampling di 220 Desa atau kelurahan di seluruh Indonesia. Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 2.197 responden yang tersebar di 34 provinsi. Hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin of error sebesar 2,13 persen.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com