INTERNAL PDIP

Ganjar Tak Diundang Puan di "Rumah" Sendiri, Begini Kata Pengamat

Politik | Senin, 24 Mei 2021 - 01:09 WIB

Ganjar Tak Diundang Puan di "Rumah" Sendiri, Begini Kata Pengamat
Gubernur Jawa Tengah yang juga Kader PDIP, Ganjar Pranowo, dianggap terlalu laju oleh partainya dalam mem-branding diri. (TEMPO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menyampaikan sejumlah analisis terkait langkah Puan Maharani tidak mengundang Ganjar Pranowo di acara pengarahan untuk para kader dalam penguatan soliditas partai menuju Pemilu 2024, di Semarang, Sabtu (22/5/2021).

Padahal acara tersebut di wilayah yang dipimpin Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah.


Menurut Pangi, ketidakhadiran Ganjar dalam forum yang digelar di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaenis, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang itu bisa jadi  karena memang tidak diundang atau ada alasan lain. 

"Atau ada alasan lain, misalnya, tidak ada boleh matahari kembar di PDIP. Sekarang yang potensial menjadi capres dari PDIP, kan, ada Ganjar dan Puan. Jadi, bisa juga alasan kepentingan Pilpres," ucap Pangi di Jakarta, Ahad (23/5/2021). 

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol, Research and Consulting itu, partai berlambang banteng moncong putih bisa saja fokus kepada sosok Puan, tetapi melihat elektabilitas, Ganjar justru lebih punya kans dibanding ketua DPP PDIP itu. 

Namun demikian, kata Pangi, elite PDIP tentu lebih mengetahui apa yang terjadi di internal partai penguasa tersebut. Tetapi ketika bicara Pilpres, saat ini ada dua calon presiden (capres) yang mesti dikalkulasi dan dihitung ulang, yaitu Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. 

"Saya enggak tahu apakah ini yang menjadi sebab Ganjar tidak diundang, ada kompetisi dan kegalauan di internal partai. Bukan tidak mungkin ada faksi yang mulai mengental antara pendukung Puan dan Ganjar," tutur analis politik yang beken disapa dengan panggilan Ipang itu.

Di sisi lain, kata Pangi, mungkin saja sebagian petinggi PDIP menganggap Ganjar mulai mengambil ancang-ancang menuju Pilpres 2024, sementara sinyal soal kandidat capres belum ada dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Terlepas dari apa pun alasannya, kata Pangi, keputusan tidak mengundang Ganjar yang notabene gubernur Jateng sekaligus kader PDIP merupakan hal yang tak biasa.

"Agak ganjil menurut saya, Mas Ganjar enggak diundang padahal semua kepala daerah diundang se-Jawa Tengah, gubernurnya nggak," kata Pangi mengakhiri. 

Sumber: JPNN/News/Berbagai Sumber
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  19-juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com