Jokowi Optimistis Doa Ulama Hadapi Cobaan Pandemi Covid-19

Politik | Selasa, 27 Juli 2021 - 10:30 WIB

Jokowi Optimistis Doa Ulama Hadapi Cobaan Pandemi Covid-19
Doa bersama agar wabah Covid-19 segera berakhir di Surabaya dan Indonesia pada umumnya, beberapa waktu lalu. (JPG/RIAUPOS.CO)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sampai saat ini pandemi Covid-19 belum  juga berakhir di Indonesia dan di seluruh dunia. Bahkan, semua negara harus berhati-hati karena merujuk dari data Organiasai Kesehatan Dunia (WHO) akan muncul varian-varian baru Covid-19.

"Diperkirakan akan muncul lagi varian-varian baru dan hal itu bisa menyebabkan pandemi akan lebih panjang dari yang kita perkirakan," ujar Jokowi dalam sambutannya secara virtual dalam Milad MUI ke-45, Senin (26/7).


Namun demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyakini Indonesia akan mampu melewati cobaan besar ini dengan doa dari para ulama dan para kiai ini. "Saya meyakini dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh kita akan mampu melewati ujian yang sedang kita alami saat ini," katanya.

"Kuncinya ada dua pertama kita harus selalu patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan yang kedua ada kecepatan vaksinasi untuk terwujudnya kekebalan komunal," tambahnya. Karena itu Jokowi berharap dengan dukungan dan bantuan MUI mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah untuk mengajak umat mematuhi protokol kesehatan baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

"Kemudian memberikan penjelasan dan pemahaman yang benar tentang vaksin. Bahwa vaksin yang digunakan oleh pemerintah adalah vaksin yang aman dan halal untuk melindungi diri kita, melindungi kerabat dan sesama," ungkapnya.

Jokowi menututkan, pemerintah menyadari bahwa berbagai pembatasan aktifitas dan mobilitas masyarakat di masa pandemi Covid-19 menimbulkan banyak kesulitan. Karena itu pemerintah bergerak cepat membantu masyarakat dengan mempercepat penyaluran bantuan sosial, dan perlindungan sosial untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat.

Bank BJB

Selain itu Jokowi mengatakan, pemerintah telah bekerja keras mengerahkan seluruh aparat dan sumber daya dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19 ini. Tetapi upaya pemerintah saja tidak cukup tanpa adanya dukungan.

"Termasuk kesadaran dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat berperan penting untuk mengatasi pandemi," tuturnya. Oleh karena itu Jokowi berharap Milad MUI 2021 ini bisa menjadi momentum untuk menghimpun dan menyatukan seluruh energi umat Islam, membangun kekuatan kolektif untuk saling bantu.

"Kemudian saling mendukung, berjuang bersama, ikhtiar bersama untuk mewujudkan kemenangan dalam menghadapi pandemi ini," ujarnya.(jpg)

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Erwin - Pemkab Meranti

TERBARU



ASR MEMBER- FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com