POLITIK

Hari Ini, PPS Verifikasi Faktual Dukungan Nurani dan Rajut

Politik | Senin, 29 Juni 2020 - 11:23 WIB

Hari Ini, PPS Verifikasi Faktual Dukungan Nurani dan Rajut
Ketua PPK Seberida Muhammad Lukman (kanan) menyerahkan masker dan alat kesehatan lainnya kepada seorang PPS sebelum pelaksanaan verifikasi faktual, Ahad (28/6/2020).(KASMEDI/RIAUPOS.CO)

RENGAT (RIAUPOS.CO) -- Hari ini Senin (29/6), 582 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mulai melakukan verifikasi faktual. Di mana verifikasi tersebut  atas dukungan yang disampaikan bakal pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dari jalur perseorangan.

Total dukungan bakal Paslon yang akan diverifikasi faktual oleh PPS itu, mencapai sebanyak 67.927 dukungan. Dukungan tersebut diajukan oleh bakal Paslon dr Nurhadi SpOG dan Kapten (Purn) Toni Sutianto SH dengan sebutan Nurani serta pasangan Rezita Meylani dan Drs H Junaidi Rachmat MSi disebut Rajut.


Selama pelaksanaan verifikasi faktual tersebut, tetap ada monitoring oleh KPU bersama jajarannya yakni PPK. Bahkan selama verifikasi faktual, juga ada pengawasan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Inhu.

Ketua KPU Kabupaten Inhu Yenni Mairida SE MM ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, berbagai persiapan jelang pelaksanaan verifikasi faktual sudah dilakukan pihaknya. "Sesuai target, pelaksanaan verifikasi faktual tuntas sebelum14 hari ke depan," ujar Yenni Mairida, Ahad (28/6).

Dijelaskannya, ketika PPS melakukan verifikasi faktual dan akan didokumentasikan oleh sekretariat PPS. Kemudian selama pelaksanaan verifikasi faktual atas dukungan bakal Paslon perseorangan, juga ada monitoring dari PPK dan KPU.

Untuk tiga wilayah terbanyak dukungan terhadap bakal Paslon berada di Kecamatan Batang Cenaku sebanyak 7.150 dukungan, Kecamatan Kelayang 6.279 dukungan dan Kecamatan Seberida 5.869 dukungan. "Dukungan warga untuk dua bakal Paslon tersebesar di 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Inhu," beber Yenni.

Di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Inhu Dedi Risanto MSi mengaku bahwa, pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan di antaranya melakukan koordinasi dengan KPU hingga jajarannya ditingkat desa dan kelurahan. "Berkomunikasi dan selalu berkoordinasi hingga PPS jelang pelaksanaan verifikasi faktual," ujarnya.

Kemudian selama pelaksanaan verifikasi faktual, tim Bawaslu melakukan supervisi kegiatan pengawasan di lapangan bersama pengawas kecamatan. "Kami berharap masyarakat juga dapat melakukan pengawasan di setiap tahapan," harapnya.(jrr)

Laporan: KASMEDI (Rengat)




youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



Sharp Pekanbaru PSBB

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  rp-2020-07-16.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com