BESOK, GUBRI LANTIK ANDI PUTRA-SUHARDIMAN AMBY

Sukawan: Ini Kemenangan Masyarakat Rohul

Riau | Selasa, 01 Juni 2021 - 11:02 WIB

Sukawan: Ini Kemenangan Masyarakat Rohul
Ketua KPU Rohul Elfendri didampingi anggota menyerahkan SK kepada paslon terpilih H Sukiman-H Indra Gunawan dalam rapat pleno terbuka di Convention Hall Islamic Center Rohul, Senin (31/5/2021) petang. (ENGKI PRIMA PUTRA/RIAUPOS.CO)

PASIRPENGARAIAN (RIAUPOS.CO) -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hulu (Rohul) resmi menetapkan H Sukiman-H Indra Gunawan (Sukawan) sebagai pasangan calon (paslon) terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul 2020. Paslon nomor urut 2 yang diusung Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Partai Demokrat, PKS, Nasdem, Hanura dan 2 partai nonparlemen (Partai Gelora Indonesia dan PBB) ditetapkan dalam rapat pleno terbuka yang dipusatkan di Convention Hall Islamic Center Rohul, Senin (31/5).

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Rohul Elfendri ST MEng didampingi anggota KPU Rohul itu, dihadiri anggota KPU Riau Divisi Teknis Penyelenggaraan Drs Joni Suhaidi,  Ketua dan Anggota Bawaslu Rohul, Plh Bupati Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, dan Forkopimda Rohul.


Dalam rapat pleno terbuka itu Elfendri membacakan berita acara dan Surat Keputusan KPU Rohul Nomor 62/PL.02.7-Kpt/1406/KPU-Kab/V/2021 tertanggal 31 Mei 2021, tentang penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wabup Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul 2020. Dalam keputusan itu, KPU Rohul menetapkan Sukiman-Indra Gunawan dengan perolehan suara sebanyak 91.806 atau 39,68 persen dari total suara sah 231.383 suara.

Penetapan itu diikuti dengan penandatanganan berita acara oleh ketua dan anggota KPU Rohul, ketua parpol pengusung paslon Nomor Urut 1, Nomor Urut 2 dan Nomor Urut 3. Seterusnya, dilanjutkan penyerahan surat keputusan KPU Rohul kepada Paslon Bupati dan Wabup Rohul terpilih 2020.

Elfendri menyebutkan ditetapkannya Sukiman-Indra Gunawan sebagai paslon bupati dan wabup terpilih Rohul 2020, merupakan tahapan terakhir proses pelaksanaan Pilkada Rohul. ‘’Alhamdulillah tahapan akhir proses Pilkada Rohul 2020 telah berakhir dengan ditetapkannya paslon bupati dan wabup terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul tahun 2020 yakni H Sukiman-H Indra Gunawan. Selanjutnya menjadi kewenangan DPRD Rohul dalam mengusulkan untuk penetapan dan pelantikan ke Mendagri melalui Gubernur Riau,’’ tuturnya kepada Riau Pos, kemarin.

Sementara Sukiman-Indra Gunawan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat yang dilimpahkan kepada mereka.

"Alhamdulillah, pada sore ini (kemarin, red) kami berdua telah resmi ditetapkan sebagai paslon bupati dan wabup terpilih Pilkada Rohul 2020 oleh KPU Rohul. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, bahwa kemenanganan ini adalah kemenangan masyarakat Rohul,’’ tegasnya.

Mantan Dandim Indragiri Hilir itu menyebutkan, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Rohul 2020, proses dinamika demokrasi di Rohul telah berjalan dengan baik.

‘’Kita saksikan bersama, dinamika demokrasi berjalan dengan baik. Alhamdulillah, justru menempatkan kami berdua sebagai paslon pemenang,’’ tuturnya.

Dia mengajak paslon bupati dan wabup Rohul yang belum beruntung bersama-sama bergandengan tangan dalam membangun Rohul dengan penuh kebersamaan. "Kendati dengan penuh perbedaan, jika  diramu akan menjadi satu kesatuan dan kekuatan yang utuh untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang,’’ tambahnya.

Sementara itu, menindaklanjuti Surat KPU Rohul Nomor 62/PL.02.7-Kpt/1406/KPU-Kab/V/2021 tertanggal 31 Mei 2021, di hari yang sama DPRD Rohul langsung menggelar rapat paripurna pengumuman penetapan paslon bupati dan wabup terpilih di Gedung Paripurna DPRD Rohul. Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST didampingi Wakil Ketua DPRD Nono Patria Pratama SE, Hardi Chandra dan Andrizal dan Puluhan Anggota DPRD Rohul yang hadir. Tampak hadir Plh Bupati Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul serta Paslon Bupati dan Wabup Rohul terpilih yang ditetapkan KPU Rohul yakni H Sukiman-H Indra Gunawan.

Sekretaris DPRD Rohul Drs Budhia Kasini membacakan keputusan KPU Rohul tentang penetapan pasangan calon bupati dan wabup terpilih pada Pilbub Rohul 2020 yang disampaikan ke DPRD. Usai pengumuman itu, DPRD Rohul akan mengusulkan pengesahan penetapan dan pengangkatan H Sukiman-H Indra Gunawan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul periode 2021-2024 kepada Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Gubernur Riau.

‘’Hari ini (Senin, red), kami langsung menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman penetapan paslon bupati dan wakil bupati terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wabup Rohul 2020 yakni H Sukiman-H Indra Gunawan, menindaklanjuti diterimanya Surat KPU Rohul perihal penetapan paslon terpilih,’’ ungkap Novliwanda Ade Putra menjawab Riau Pos usai rapat paripurna di Gedung DPRD Rohul.

Ucapan Selamat Andi-Suhardiman Mulai Berdatangan
Dua hari menjelang pelantikan Andi Putra-Suhardiman Amby sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kuantan Singingi (Kuansing) ucapan selamat mulai berdatangan dari berbagai kalangan. Baik dari intansi pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat. Ucapan berisi ucapan selamat dan doa semoga sukses memimpin Kuansing terlihat di rumah dinas bupati Kuansing di Kelurahan Sungai Jering Telukkuantan.

Ya. Andi Putra dan Suhardiman Amby sendiri dijadwalkan dilantik Gubernur Riau Syamsuar di Gedung Daerah Pemprov Riau di Pekanbaru, Rabu (2/6). Pasangan berjargon ASA ini telah menerima surat pemberitahuan dari Gubernur Riau Syamsuar dalam surat nomor 131/PEM-OTDA/1346 tanggal 28 Mei tentang pemberitahuan resmi pelantikan tiga Bupati dan Wabup di Riau. Dalam surat itu, pelantikan Bupati dan Wabup Kuansing dilaksanakan 2 Juni, Rohil 8 Juni dan Siak 21 Juni.

Andi Putra merupakan Bupati kelima sejak Kuansing berdiri. Bupati pertama Rusjdi S Abrus, Bupati Kedua Asrul Ja’afar, Bupati ketiga dan Sukarmis (dua periode) dan Bupati keempat Mursini. Sementara, Suhardiman Amby merupakan Wabup kelima sejak Kuansing berdiri. Wabup pertama Asrul Ja’afar, Wabup Kedua Mursini, Wabup ketiga Zullkfli dan Wabup keempat Halim.

"Alhamdulillah, sudah terima pembertahuan resmi dari bapak Gubernur soal pelantkan 2 Juni," katanya, akhir pekan lalu.

Terkait pelantikan ini, sebelumnya bupati termuda dalam sejarah Kuansing ini, meminta doa dan dukungan khususnya dari masyarakat Kuansing agar dapat berjalan lancar.

Termasuk doa dan dukungan agar dapat melaksanakan tugas nantinya sebagaimana harapan masyarakat Kuansing yang tertumpah pada mereka.

"Semoga Allah SWT meridhoi acara tersebut," kata mantan Ketua DPRD Kuansing dua periode itu.

Ia mengajak seluruh elemen bersatu demi Kuansing yang lebih baik karena ke depan penuh tantangan akibat dampak pandemi Covid-19 yang menyasar segala sendi kehidupan.(epp/jps)


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  4-juli.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com