KEMENKES DETEKSI 10 KASUS VARIAN BARU B177

Ruang ICU di Riau Penuh

Riau | Minggu, 02 Mei 2021 - 09:19 WIB

Ruang ICU di Riau Penuh
dr Indra Yovi (JURU BICA­RA SATGAS COVID-19 RIAU)

(RIAUPOS.CO) - Tingginya penambahan kasus positif Covid-19 di Riau akhir-akhir ini turut berdampak pada ketersediaan ruang ICU untuk perawatan pasien positif Covid-19 yang memerlukan ventilator. Bahkan saat ini, seluruh ruang ICU dengan ventilator di Riau sudah terisi penuh pasien Covid-19.

Juru bica­ra Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan, penuhnya ruang ICU di rumah sakit ini, menjadi kekhawatiran dari tim medis. Pasalnya, jika ada pasien dalam kondisi berat yang memerlukan ventilator, maka sudah tidak tersedia ruangan lagi.


‘’Ruang ICU kita sekarang penuh karena kenaikan pasien yang setiap harinya di atas 350 orang. Dengan pasien yang bergejala berat juga banyak. Sekarang sesuai dengan permenkes, pasien yang sedang dan berat dirawat,” katanya, Sabtu (1/5).

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat Riau, bahwa tidak ada jalan lain agar tidak terjadi lagi kasus penularan yang tinggi di Riau selain dengan mengetatkan penerapan protokol kesehatan.

“Ini bukan hal yang main-main lagi, bisa saja kita nanti seperti India. Tidak ada jalan lain selain mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan,” tegasnya.

Dijelaskan Indra Yovi, selain dari penuhnya ruang ICU, ruang tempat tidur bagi pasien yang dirawat di rumah rakit juga terus berkurang ketersediaannya. Hal ini juga akibat banyaknya penambahan pasien.

“Kasus Covid-19 di Riau terakhir tahun 2020 paling banyak lebih kurang 7.000 kasus. Total kasus Covid-19 kita bulan April ada 9.000 orang. Maka jika dirata-ratakan 300-400 kasus per hari. Dari angka itu 20 persen dirawat atau 100 orang di rumah sakit. Persoalannya kan belum tentu pasien yang masuk hari ini keluar besoknya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir menginformasikan, Sabtu (1/5) terdapat penambahan 377 pasien positif Covid-19. Dengan demikian, total penderita Covid-19 di Riau menjadi 44.640 orang. “Sementara itu, untuk pasien yang sembuh bertambah 336 pasien. Jadi, totalnya sudah 38.617 orang yang sudah sembuh,” katanya.

Untuk kabar dukanya, juga terdapat 15 pasien yang meninggal dunia, kemarin. Sehingga total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Riau sebanyak 1.099 orang. Dari total pasien positif Covid-19 Riau, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 909 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 3.951 orang.

“Untuk suspek yang menjalani isolasi mandiri 3.538 orang dan yang isolasi dirumah sakit 560 orang. Total suspek yang selesai menjalani isolasi 80.486 meninggal dunia 266 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mendeteksi adanya 10 kasus varian baru B 177 di Indonesia. Untuk itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi meminta temuan tersebut harus menjadi perhatian bersama karena varian baru tersebut ada yang sudah merupakan transmisi lokal.


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com