WABAH COVID-19

Pasien Sembuh di Riau Tambah 19 Orang

Riau | Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:35 WIB

Pasien Sembuh di Riau Tambah 19 Orang
Mimi Yuliani


PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -  Penambahan kasus positif di Riau menurun drastis, yakni hanya satu orang, Sabtu (1/8). Sebaliknya, pasien sembuh justru meningkat menjadi 19 orang yang berasal dari Siak, Rokan Hulu, Kampar, dan Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, total pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh kemarin sebanyak 19 orang yang terdiri dari sembilan dari Siak, enam  dari Pekanbaru, dan masing-masing dua dari Rokan Hulu dan Kampar.

“Selain 19 pasien positif yang sembuh, juga terdapat penambahan satu pasien positif Covid-19. Sehingga total pasien positif yang sembuh sebanyak 327, sementara total pasien positif Covid-19 sebanyak 446 kasus, 12 pasien meninggal dunia,” katanya.


Pasien positif Covid-19 yang sembuh dari Siak yakni, DAP (12), RC (21), D (35), DA (45), DN (57), Z (43), RP (31), HG (20) dan AC (21). Sedangkan enam dari Pekanbaru yakni E (37), A (42), SR (45), TS (61), R (26) dan N (42).  “Sementara untuk dua dari Rokan Hulu yakni N (37) dan R (52). Dan dua orang dari Kampar yakni E (51) dan Y (42),” sebutnya.

Untuk penambahan satu pasien positif Covid-19 yakni AA (39) warga Siak, AA yang memiliki keluhan meriang sudah satu pekan, demam dan batuk. Kemudian yang bersangkutan melakukan swab mandiri pada 31 Juli lalu dan dinyatakan positif Covid-19. “Belum diketahui riwayat penularan pasien ini, dikarenakan ia tidak memiliki riwayat perjalanan. Saat ini tim dari dinas kesehatan sedang melakukan tracing kontak pasien positif ini,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan sampel swab di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad, saat ini sudah mencapai 24.001 spesimen atau sudah mendekati target yang ditetapkan pemerintah pusat. Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan pengambilan sampel swab.

“Target pemeriksaan sampel swab itu, sebanyak 3500 sampel per satu juta penduduk. Di Riau ada sekitar tujuh juta penduduk, sehingga target pemeriksaan sampel swab harus sebanyak 24.500 sampel,” sebutnya.

Total Positif di Rohil  Mencapai Tujuh Orang

Sementara itu, angka penderita Covid19 di Rokan Hilir (Rohil) terus bertambah. Per Jumat (31/7) tercatat sebanyak tujuh orang positif. “Total positif sebanyak tujuh orang, di mana empat diantaranya masih dirawat dan satu orang sembuh serta telah pulang ke kediaman kembali,” kata Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Rohil H Ahmad Yusuf SSos MH, Sabtu (1/9).

Ditambahkan Ahmad Yusuf, dua  yang terdeteksi positif di Kecamatan Sinaboi dan berasal dari Sumut telah pulang ke Medan. Untuk pelaku perjalanan (PP), Ahmad mengatakan tercatat sebanyak 862 orang, jumlah kontak erat sebanyak 291 orang dan jumlah suspect nihil.

Untuk kondisi yang dirawat tambahnya dalam keadaan stabil dan diharapkan dapat pulih secepatnya, di mana yang penderita tersebut satu orang dari Bagan Sinembah dirawat di RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, satu dari Tanah Putih dirawat di RS Awal Bros Pekanbaru, satu dirawat di Puskesmas Baganbatu dan satu lagi di Balai Jaya. Sementara, pasien pertama positif Covid-19 Rohil yang sempat dirawat di Puskesmas Baganbatu telah sembuh.(tau/byu)fad/sol/jpg)

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-08.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com