TEMUAN BKSDA RIAU

Dua Ekor Sapi di Minas Diduga Dimangsa Harimau, Ada Jejak di Area Konservasi PT Arara Abadi

Riau | Senin, 03 Februari 2020 - 16:36 WIB

Dua Ekor Sapi di Minas Diduga Dimangsa Harimau, Ada Jejak di Area Konservasi PT Arara Abadi
BKSDA Riau didampingi Polsek Minas mengecek jejak harimau di lokasi konservasi PT Arara Abadi distrik Tapung Kampung Rantau Bertuah Kecamatan Minas, Senin (3/2/2020). (Foto POLSEK MINAS FOR RIAUPOS.CO)
SIAK (RIAUPOS.CO) - Dua ekor anak sapi milik warga di Kampung Rantau Bertuah Kecamatan Minas Kabupaten Siak ditemukan tinggal tulang bagian kepala dan kaki. Diduga dimangsa harimau sumatera. Sebab tak jauh dari lokasi, ditemukan jejak kaki harimau di areal PT Arara Abadi.

Hal ini setelah Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau setelah mendapatkan laporan adanya harimau makan ternak warga langsung turun ke Kampung Rantau Bertuah Kecamatan Minas, Senin (3/2).

Penemuan jejak harimau tersebut yang diduga telah memangsa sapi dalam selama waktu 3 hari dan ukuran tapak harimau diperkirakan berusia 5 tahun dengan ukuran panjang badan lebih kurang 1,5 meter,  berkemungkinan hanya 1 ekor.

Pihak BKSDA Riau, Widodo mengatakan bahwa harimau kebiasaanya setelah memangsa hewan tidak menghabiskan mangsanya secara keseluruhan, namun menyimpannya disekitar lokasi, sehingga menyimpulkan harimau tersebut masih berada di sekitar lokasi konservasi PT Arara Abadi.

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya melalui Kapolek Minas Kompol Birma Naipospos menyampaikan laporan warga yang hewan sapinya diduga di makan harimau langsung di respon.

“Tim BKSDA bersama kita turun ke lokasi dan ditemukan masih ada jejak harimau di lokasi konservasi PT Arara Abadi," ungkapnya didampingi Kanit Reskrim Polsek Minas AKP Darfis.

Pemilik sapi Zaharuddin kehilangan 2 ekor sapi selama tiga hari. Saat dicari ditemukan bangkai sapi yang diduga miliknya di sekitar lokasi konservasi PT Arara Abadi tanggal 30 Januari 2020, yang tinggal  hanya tulang bagian kepala dan kaki.

Temuan tersebut langsung dilaporkan ke pihak desa dan di teruskan ke Polsek Minas.
Kemudian laporan warga di teruskan ke BKSDA Riau yang langsung turun ke lapangan.

Laporan Wiwik Widaningsih
Editor: Deslina







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com