Libatkan Puluhan Paguyuban, FPK Riau Siap Meriahkan Pawai Budaya

Riau | Rabu, 03 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Libatkan Puluhan Paguyuban, FPK Riau Siap Meriahkan Pawai Budaya
Kepala Bakesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting AP MSi (pakai tanjak) beserta jajaran didampingi Ketua FPK Riau Drs H Auni M Noor MSi (4 kiri) beserta jajaran saat menggelar konferensi pers di Aula Kantor Kesbangpol Provinsi Riau, Selasa (2/8/2022). (FPK RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAU POS.CO) - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-65 Riau dan HUT ke-77 Republik Indonesia, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau akan menggelar pawai budaya pada 20 Agustus nanti.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Riau bersama dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau akan ikut memeriahkan pawai budaya dengan melibatkan 73 paguyuban atau mengerahkan sekitar 2-3 ribu orang.

Yamaha Alfa Scorpii

Kepala Bakesbangpol Riau Jenri Salmon Ginting didampingi Ketua FPK Riau Auni M Noor kepada wartawan di Aula Kantor Kesbangpol Provinsi Riau, Selasa (2/8/2022) mengatakan, Bakesbangpol dan FPK Provinsi Riau mendukung penuh pelaksanaan pawai budaya dalam rangka HUT Riau dan HUT RI.

"Bakesbangpol bersama FPK Provinsi Riau melibatkan 73 paguyuban dengan peserta sekitar dua ribu hingga tiga ribu orang. Para peserta nantinya akan menampilkan kesenian daerah masing-masing," ujar Jenri Salmon Ginting

Dijelaskannya, rencana ditampilkan 16 pertunjukan dari Sabang sampai Merauke. Di antaranya tari saman dari Aceh, reog Ponorogo, lompat batu dari Nias, silat komango dari Minangkabau, barongsai dari PSMTI dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dijelaskannya, peserta pawai start di Jalan Diponegoro, terus ke Jalan Kartini-Jalan Sudirman dan berakhir di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.


"Nantinya peserta akan menampilkan pertunjukan di panggung utama disaksikan Pak Gubri Syamsuar, Forkompinda Provinsi Riau serta undangan lainnya. Kami berharap masyarakat hadir menyaksikan acara kebudayaan ini," jelasnya.

Sementara itu Ketua FPK Provinsi Riau Auni M Noor menambahkan, saat ini FPK Riau bersama paguyuban yang tergabung dalam FPK terus melakukan persiapan untuk mengikuti pawai budaya tersebut. Bahkan, pihaknya sudah melaksanakan  beberapa kali rapat dengan Dinas kebudayaan Riau.

"Persiapan terus kami matangkan. Kami berharap selain sebagai hiburan, pawai budaya bisa menambah pengetahuan masyarakat tentang suku-suku dan budaya nusantara," ujarnya.

Sekretaris FPK Provinsi Riau Jailani menambahkan, tahun 2019 lalu, FPK Riau pernah mengadakan acara serupa. Saat itu dilaksanakan Pawai Bhineka Tunggal Ika yang menampilkan beragam budaya dari Sabang sampai Merauke.

"Pawai Bhineka Tunggal Ika tahun 2019 lalu berhasil menjadi perhatian masyarakat, kami berharap pawai budaya tahun 2022 ini lebih meriah lagi," harapnya.

 

Laporan: Dofi Iskandar (Pekanbaru)

Editor: Edwar Yaman

 

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



HUT RI 77 Rokan hilir

BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-18.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com