Perbaikan Jalan Menunggu Banjir Surut

Riau | Sabtu, 04 Januari 2020 - 10:43 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Provinsi Riau bakal memperbaiki ruas Jalan Lintas Rengat-Tembilahan yang sempat mengalami putus, beberapa waktu lalu. Namun, proses perbaikannya masih terkendala banjir yang menggenangi badan jalan tersebut. 

Jalan milik Provinsi Riau yang rusak itu berada di Desa Sungai Raya, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Kerusakan jalanpenghubungkan dua kabupaten telah terjadi sejak dua hari lalu, dan berdampak terganggunya mobilisasi kendaraan.


Atas kondisi itu,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau telah melakukan perbaikan agar jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Perbaikannya dilakukan dengan cara menutup permukaan jalan yang rusak dengan geobag atau karung berisikan pasir dan batu.

“Jalan itu, sudah kita perbaiki agar bisa fungsional. Tapi jalan itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” ungkap Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Provinsi Riau, Yunnan Aris kepada Riau Pos, Jumat (3/1) kemarin.

Namun, kata Yunnan, perbaikan terhadap Jalan Lintas Rengat-Tembilahan sifatnya hanya sementara. Karena, kata dia, pihaknya akan melakukan perbaikan jalan tersebut secara permanen dalam tahun 2020 agar tidak mengalami kerusakan kembali. “Tahun ini alokasi perbaikan jalan ada, dan kita akan memperbaikinya secara permanen,” imbuhnya.

Akan tetapi, lanjut dia  proses perbaikannya masih terkendala banjir yang menggenangi permukaan jalan. Sehingga tidak bisa dilakukan pelaksanaan kegiatan. “Kondisi jalan masih banjir, belum bisa diperbaikan. Jika banjir sudah surut, kita lakukan lelang dan perbaiki jalan itu,” tutur Yunan.

Ruas Jalan LintasRengat-Tembilahan sudah bisa dilalui kendaraan pascadiperbaiki Pemprov Riau. Tapi, untuk arus lalu lintas masih diberlakukan sistem buka-tutup. Selian itu, kondisi jalan belum bisa dilalui kendaraaan berukuran besar.

Untuk itu, pengendara diminta menggunakan jalan alternatif yakni dari arah Tembilahan tujuan Ke Rengat-Pekanbaru bisa melewati dari simpang Rumbai Jaya, Desa Sungai Gantang lurus menuju Jalan lintas Samudra, Kecamatan Kempas-Simpang Granit-Seberida-Belilas-Pematang Reba-Rengat. 

Kemudian dari arah Pekanbaru-Rengat tujuan Tembilahan bisa melewati Simpang Pematang Reba belok kanan-Belilas-Seberida-Simpang Granit -Jalan Lintas Samudra-Simpang Rumbai Jaya Kec Kempas-Tempuling-Tembilahan.(rir)


Diskes Kampar Lawan Covid-19






youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-27.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com