VAKSINASI COVID-19

Minta Dinkes Gencar Sosialisasi Vaksin

Riau | Minggu, 04 April 2021 - 11:12 WIB

Minta Dinkes Gencar Sosialisasi Vaksin
Sulastri

(RIAUPOS.CO) - PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kesehatan tengah melaksanakan vaksinasi terhadap guru sekolah menengah atas (SMA) di Kota Pekanbaru. Adapun pelaksanaan vaksin telah digelar sejak Rabu (31/3) di berbagai SMA negeri. Hingga Kamis (1/4), jumlah guru yang telah divaksin mencapai 1.408 atau sebanyak 73,2 persen. Sisanya, ada 343 guru yang tidak mengikuti vaksin.

Maka dari itu,  yang membidangi kesehatan meminta agar Dinas Kesehatan lebih gencar lagi mensosialisasikan manfaat vaksin. Sekaligus memberikan edukasi bahwa vaksin yang digunakan aman dan halal berdasarkan testimoni dari peserta yang telah di vaksin.


“Iya memang sampai saat ini masih ada ya, informasi hoaks yang beredar soal vaksin ini. Kami cukup khawatir berita hoaks tersebut menjadi doktrin sehingga banyak yang mempercayai. Maka dari itu, di sini pihak Dinkes harus gencar sosialisasi. Baik itu melalui media massa, media sosial dan kampanye rumah ke rumah,” pinta Sulastri, Jumat (2/4).

Ia melanjutkan, bahwa untuk vaksinasi guru merupakan salah satu persiapan proses belajar tatap muka. Di mana, ketika sudah terlaksana nanti para guru telah dibekali peningkatan imunitas tubuh, sehingga dalam menyampaikan pelajaran merasa lebih percaya diri dan tidak terlalu khawatir. Meski dalam pelaksanaannya tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

“Ini kan ikhtiar kita bersama agar tidak ada lagi perasaan was-was. Namun tetap harus patuhi prokes,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 1.408 guru SMA/SMK dan SLB di Pekanbaru telah menjalani vaksinasi Covid-19. Pada pelaksanaan vaksinasi, antusiasme para tenaga pendidik tersebut cukup tinggi. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi para guru dilaksanakan kepada 1.408 atau sudah 73,2 persen dari total guru di Pekanbaru setingkat SMA sederajat yang menjadi sasaran vaksinasi.

“Tercatat 73,2 persen atau 1.408 guru di Pekanbaru sudah divaksin. Alhamdulillah antusiasme guru mengikuti vaksinasi cukup tinggi," kata Mimi.

Lebih lanjut dikatakannya, dari total 1.953 sasaran guru yang akan divaksin, sebanyak 343 guru tidak hadir divaksin. Selanjutnya guru yang tidak hadir bisa kembali menjalani vaksin, sesuai dengan jadwal yang akan diberikan. Termasuk guru yang akan divaksin namun saat dicek kesehatan tensinya, atau ada penyakit lain yang harus diobati dulu.(lim)

 

Laporan Afiat Ananda, Pekanbaru






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com