OPERASI ZEBRA 2022

Senyum Bahagia Anak-Anak Diberi Helm dan Dipasangkan Langsung Kapolda

Riau | Selasa, 04 Oktober 2022 - 16:26 WIB

Senyum Bahagia Anak-Anak Diberi Helm dan Dipasangkan Langsung Kapolda
Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memasangkan helm kepada salah seorang anak yang berboncengan dengan orang tuanya. Helm itu diberikan secara gratis oleh Irjen Iqbal saat pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning, Selasa (4/10/2022). (AFIAT ANANDA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 memasuki hari kedua, Selasa (4/10/2022). Sesuai janjinya, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal turun langsung ke titik operasi, untuk memantau pelaksanaan kegiatan. 

Adapun titik yang didatangi Irjen Iqbal, ialah Pos Polisi Lalu Lintas Gurindam I yang terdapat di Jalan Sudirman. Atau tepatnya di samping Kantor Gubernur Riau. Didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini mengawali pantauan operasi dengan mengatur lalu lintas sekitar pukul 06.30 WIB.


Pantauan Riaupos.co di lokasi, pria yang pernah menjabat Kapolda NTB ini terlihat sibuk mengatur kendaraan yang bertumpuk di traffic light, depan Kantor Gubernur Riau. Tak sedikit juga pengendara yang menyapa Irjen Iqbal yang sedang mengatur lalu lintas bersama jajarannya.

Usai sibuk memastikan arus lalu lintas, Irjen Iqbal kemudian berjalan kaki bersama Kombes Pol Sunarto ke arah Pos Gurindam I. Disana ia turut menyaksikan Operasi Zebra yang digelar jajaran Ditlantas dan Satlantas Polresta Pekanbaru.  

Saat itu, operasi lebih berfokus kepada pemberian edukasi terhadap pengendara. Terkhusus bagi pengendara yang membonceng anak-anak tanpa mengenakan helm. Pengendara tersebut langsung dicegat. Namun tidak ditilang. 

Anak yang dibonceng diberikan helm oleh Irjen Iqbal. Kemudian dipasangkan langsung. Kepada orang tua, Irjen Iqbal berpesan agar ketika berkendara, anak yang dibonceng harus diberikan helm. Karena hal itu merupakan bentuk perlindungan terhadap anak.

Beberapa anak terlihat senyum gembira diberikan helm dan dipasangkan langsung oleh Kapolda. Bahkan ada juga yang langsung menyampaikan terima kasih. 

Usai kegaitan, Kapolda kepada wartawan mengatakan bahwa kehadirannya pagi itu untuk melihat langsung pelaksanaan Operasi Zebra pada hari kedua. Kata dia, kehadiran pimpinan di tengah-tengah kegiatan, diharapkan dapat menjadi semangat serta motivasi agar bisa bekerja dengan sungguh-sungguh.

Dengan harapan, petugas yang menggelar operasi dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan raya. Selain itu, dia juga sempat membagikan helm kepada pengendara dan anak pengendara yang dibonceng tanpa menggunakan helm. 

“Tim kami pukul 05.00 WIB sudah harus keluar dari rumah untuk melaksanakan tugas mulianya, berdiri, dan floating di simpul-simpul ruas jalan yang sudah kami mapping. Di mana potensi kerawanan yang tadi saya sebutkan," sebutnya.

“Tadi juga saya bagikan helm kepada seluruh pengendara yang membonceng anak-anaknya tidak pakai helm, banyak sekali. Kalau kita persentase hampir sekitar 40 persen pengguna sepeda motor di Pekanbaru yang membawa putra-putrinya antar sekolah, tidak pakai helm. Sayangi anak-anak, masa kita sendiri yang selamat," sambung Irjen Iqbal.

Untuk itu, terkait kondisi ini ia pun menaruh perhatian khusus. Jajaran Polantas sudah diminta untuk membagikan helm gratis selama pelaksanaan Operasi Zebra ini. Sekaligus, petugas diarahkan agar memberikan sosialisasi dan edukasi, supaya anak-anak yang dibonceng juga harus dilindungi keselamatannya.

"Bahwa anak itu bukan tameng loh ya, saya lihat orang tuanya pakai helm, atau saudaranya pakai helm, anaknya di depan tidak pakai helm, ada juga di belakang. Oleh karena itu saya perintahkan agar mengimbau masyarakat, supaya semua pengguna jalan selamat sampai tujuan," pungkasnya.


Laporan: Afiat Ananda (Pekanbaru)
Editor: E Sulaiman









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



PPDB Thawalib Padang Panjang




EPAPER RIAU POS  2022-12-03.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com