Empat Kabupaten Ini Belum Salurkan BLT Desa

Riau | Rabu, 05 Mei 2021 - 11:33 WIB

Empat Kabupaten Ini Belum Salurkan BLT Desa
Ilustrasi (INTERNET)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Setiap tahun desa memiliki alokasi Dana Desa (DD), dan BLT Desa merupakan prioritas dalam penggunaan Dana Desa. BLT Desa diberikan kepada masyarakat miskin atau kurang mampu. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat miskin/kurang mampu tetap dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dan mencegah penurunan taraf kesejahteraan masyarakat miskin akibat kesulitan ekonomi. 

Sayangnya, dari 12 kabupaten/kota di Riau, masih ada empat  daerah belum menyalurkan BLT Desa sama sekali. Keempatnya adalah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Rokan Hilir, dan Siak


Hal ini diungkapkan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau Ismed Saputra, dimana menurut­nya progres penyaluran BLT Desa sangat rendah. 

"Tentunya sangat disayangkan karena BLT Desa seharusnya sudah dapat disalurkan sejak bulan Januari 2021 dan pada bulan Mei ini seharusnya sudah dapat disalurkan untuk lima bulan, namun sampai dengan saat ini baru enam kabupaten yang menyalurkan BLT Desa bulan kesatu dan 4 Kabupaten lainnya bahkan belum dapat menyalurkan BLT Desa,"ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Riau Pos, Selasa (4/5). 

Pada tahun 2021 BLT Desa diberikan sebesar Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan diberikan setiap bulan sejak bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Desember 2021. Dengan situasi pandemi Covid-19 masih tidak menentu, Satgas Penanganan Covid-19 di Riau mencatat kasus penularan Covid-19 di Riau sepanjang April 2021 sebagai yang terburuk. Banyak masyarakat yang masih merasakan dampak antara lain melemahnya kemampuan ekonomi terutama masyarakat miskin dan kurang mampu. 

Dalam rangka pemulihan ekonomi APBN terus mendukung pemulihan ekonomi dengan mengalokasikan dana untuk PEN sebesar Rp699,43 triliun, termasuk di dalamnya program perlindungan sosial sebesar Rp157,41 triliun yang dialokasikan pada PKH, Kartu Sembako, PraKerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, dan Bansos Tunai. 

Sampai dengan 4 Mei 2021 dari 10 Kabupaten yang memiliki 1.591 Desa, baru 6 Kabupaten yang menyalurkan BLT Desa bulan kesatu (Januari) kepada warganya, yaitu Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Kepulauan Meranti, dan Indragiri Hulu, yang disalurkan pada 530 Desa dengan nilai penyaluran sebesar Rp13.800.900.000. 

Sementara penyaluran BLT Desa bulan kedua (Februari) baru dilakukan 1 Kabupaten yaitu Kabupaten Kuantan Singingi yang disalurkan pada 71 Desa sebesar Rp2.195.100.000, dan penyaluran BLT Desa bulan ketiga juga baru dilakukan oleh Kabupaten Kuantan Singingi kepada 8 Desa dengan nilai penyaluran Rp180.900.000. 

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau mengapresiasi kinerja Pemda Kabupaten Kuantan Singingi yang telah dapat menyalurkan BLT Desa sampai dengan bulan ketiga. 

Pada kondisi pemulihan ekonomi baru mulai membaik dan apalagi saat menjelang hari raya Idul Fitri tentunya BLT Desa sangat bermanfaat dan sangat diharapkan oleh masyarakat penerima BLT Desa (KPM). 

Dia berharap ada semangat berbagi pada bulan ramadan ini, di mana Pemda yang belum menyalurkan BLT Desa dapat segera melengkapi persyaratannya dan mengajukan permintaan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mitra kerjanya. Terdapat tiga KPPN di Provinsi Riau yaitu KPPN Pekanbaru, Dumai, dan Rengat. 

Ia mengimbau, bagi kabupaten yang baru satu bulan menyalurkan BLT Desa agar dapat mengajukan penyaluran BLT desa ke KPPN untuk bulan kedua sampai dengan bulan kelima. 

"Masih ada waktu beberapa hari menjelang Idulfitri yang dapat dimanfaatkan oleh Pemda untuk menyalurkan BLT Desa. Dana ini tentunya sangat membantu dan memberikan manfaat yang besar bagi warga desa yang kurang mampu. Semoga dana BLT yang ditunggu-tunggu warga dapat segera direalisasikan sehingga dapat sama-sama bergembira ketika Idulfitri,"harapnya.(egp)


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com