JELANG HARI JADI KE-65 PROVINSI RIAU

DPRD Yakini Riau Semakin Berkembang Pesat

Riau | Sabtu, 06 Agustus 2022 - 08:46 WIB

DPRD Yakini Riau Semakin Berkembang Pesat
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho berbicara dalam rapat, beberapa waktu lalu. (DPRD RIAU UNTUK RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau meyakini Provinsi Riau bakal berkembang lebih pesat lagi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan investasi di Bumi Lancang Kuning. Hal ini sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menjelang perayaan puncak Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau yang jatuh pada 9 Agustus 2022.

Dikatakan dia, Provinsi Riau menjadi salah satu daerah yang memiliki tingkat kemajuan lebih cepat dibanding beberapa daerah lainnya di Pulau Sumatera. Kemajuan ini tidak hanya dilihat dari segi pembangunan infrastuktur, melainkan juga dari sisi pertumbuhan ekonomi, seiring pertambahan investasi di Riau.

Yamaha Alfa Scorpii

 "Kita sama-sama lihat dalam beberapa tahun belakangan. Meski dua tahunan kebelakang kita memasuki masa pandemi, namun pertumbuhan ekonomi kita dapat terjaga. Ini tidak terlepas dari kerja sama banyak pihak seperti Pemerintah Provinsi, DPRD Riau, Polda Riau, Kejari, Korem 031/WB, dan banyak unsur lainnya," ucap Agung, Jumat (5/8).

Namun begitu, ia memiliki sedikit catatan agar Provinsi Riau bisa mencapai cita-citanya setelah memperingati hari jadi ke-65 tahun beberapa hari lagi. Seperti pemerataan pembangunan, terutama di wilayah pesisir dan kepulauan.

Karena menurut dia, daerah yang sangat sulit akan akses dan memerlukan pemenuhan infrastruktur adalah masyarakat yang tinggal di daerah pulau.

"Catatan kami soal pemerataan pembangunan sampai ke pulau terluar di Riau itu harus dikejar lagi. Mungkin bisa dengan penambahan jembatan, fasilitas transportasi laut, dan rumah sakit di wilayah kepulauan hingga fasilitas pendidikan," urainya.


Ditambahkan dia, untuk fasilitas yang ada di wilayah perkotaan sendiri, menurut dia sudah cukup memadai.

Sehingga pemprov dengan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten bisa memfokuskan pembangunan ke wilayah yang sama sekali belum tersentuh pembangunan. Ketika semuanya sudah merata, maka ia meyakini pertumbuhan ekonomi masyarakat akan semakin pesat.

"Hanya hitungan beberapa hari lagi, Provinsi Riau genap berumur 65 tahun. Mudah-mudahan semua yang masyarakat Riau inginkan bisa tercapai. Mari bersama-sama kita bangun daerah kita," ajaknya.

Di Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Pemprov Riau memilih tema "Riau Unggul". Sejumlah rangkaian kegiatan digelar untuk masyarakat umum. Sehingga bisa rasakan seluruh kalangan masyarakat bukan milik kalangan tertentu.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Roni Rakmat, menyebut Pemprov Riau akan menggelar sejumlah kegiatan yang dikemas oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat.

Adapun sejumlah kegiatan yang sudah berlangsung dan bakal digelar dalam rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau yaitu adalah Festival Subayang di Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar pada 15-17 Juli. Selanjutnya, Kompetisi e-Sport yang digelar pada 1-5 Agustus di Gelanggang Remaja Pekanbaru.

Ada Gebyar Lelang UMKM pada 4 Agustus 2022 di Gedung Daerah Pekanbaru, Senam Massal dan doorprize di Jalan Gajah Mada Pekanbaru pada 7 Agustus 2022 mulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Juga ada kompetisi olahraga tradisional pada 7-11 Agustus di Taman Budaya Pekanbaru. Kemudian Pasar Murah dan Bazar Pertanian pada 8 Agustus 2022 di Balai Pertanian.

Kegiatan lainnya adalah bakti sosial dan bantuan pendidikan pada 5 Agustus 2022 di Gedung Daerah, Upacara Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau pada 9 Agustus di halaman Gedung Daerah, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Sidang Paripurna Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau di DPRD Riau, dzikir akbar bersama Ustaz Dasad Latif pada 15 Agustus 2022 mulai pukul 19.30 WIB di Halaman Kantor Gubernur Riau, touring motor dan penanaman pohon di Tahura Minas pada 14 Agustus pukul 08.00 WIB.

Juga ada Festival Kuliner yang digelar pada 12-14 Agustus di situs cagar budaya Rumah Singgah Sultan Siak atau rumah Tuan Kadi, Bandar Senapelan, Pekanbaru. Selain itu, juga digelar Fashion Riau Parade di halaman situs cagar budaya Rumah Singgah Sultan/Tuan Kadi pada 14 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB.

Kegiatan lainnya adalah Kenduri Rakyat Riau pada 18 Agustus 2022 di Jalan Gajah Mada mulai pukul 20.00 WIB, Turnamen Golf Gubernur Cup pada 19-21 Agustus 2022 di Labersa Golf Kabupaten Kampar, Pawai Budaya di Jalan Gajah Mada pada 20 Agustus pukul 08.00 WIB, Gowes bersama Riau Pos dan Pemprov Riau dimulai dari halaman Kantor Gubernur Riau pada 21 Agustus pukul 07.00 WIB.

Selain itu, juga ada Pacu Jalur pada 21-25 Agustus 2022 di tepian Narosa Telukkuantan, Festival Global Musik pada 23-27 Agustus di Bandar Seni Raja Ali Haji, purna-MTQ Pekanbaru dan Festival Layang-Layang WOW yang digelar pada 7 Agustus di halaman belakang rumah dinas Gubernur Riau.(adv/nda)








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Pekanbaru

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  2022-08-11.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com