Dukung Tanam Jagung Dilahan Tidur, Petani Apresiasi Gubri Syamsuar

Riau | Rabu, 07 April 2021 - 14:30 WIB

Dukung Tanam Jagung Dilahan Tidur, Petani Apresiasi Gubri Syamsuar
Gubri Syamsuar saat memberikan sambutan pada acara tanam jagung di kota Dumai, Rabu (7/4/2021). (DISKOMINFOTIK RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

DUMAI (RIAUPOS.CO)- Jalan berlumpur dan licin dikarenakan hujan semalam tak menyurutkan tekat Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri tanam jagung hibrida perdana dengan memanfaatkan lahan tidur di Kelurahan Tanjung Penyebal, Kecamatan Sungai Sembilan Dumai, Rabu (7/4/2021).

Acara di pusatkan di areal penanaman jagung kelompok Tani Lestari ini tampak di hadiri  Wakil Walikota Dumai Amris, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalevi dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Riau Alzuhra serta sejumlah kepala dinas di lingkungan kota Dumai.


Pemerintah Provinsi Riau memberikan dukungan pengelolaan lahan tidur untuk perkembangan tanaman jagung dengan memberi pelatihan khusus pertanian melalui BLK, agar petani lebih terampil dan bisa berdaya saing.

“Saya berharap, ke depannya petani turut memanfaatkan teknologi, agar pengelolaan pertanian menjadi lebih efektif dengan teknologi informasi," ujar Gubri.

Tidak hanya itu, Gubernur yang terkenal dengan aksi jemput bola ini juga  menyampaikan edukasi agar petani melakukan diversifikasi tanaman. 

“Saya selalu mendorong akan ketahanan pangan, pangan tidak hanya nasi, bisa jagung, sagu, dll. Agar nantinya kita tidak tergantung pada satu jenis pangan saja” ujar Gubri.

Ketua kelompok Tani Lestari, Jumilan mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Riau.  

“Lahan tidur ini kami pinjam dari perusahaan, Alhamdulillah terimakasih pak Gubernur beserta rombongan yang jauh-jauh hadir, memberi dukungan dan semangat kepada kami," ujar Jumilan.

Kegiatan tanam jagung hibrida ini juga berhasil membuka lapangan kerja, ditengah pandemi Covid-19, setidaknya telah membuka lapangan kerja sebanyak 40 orang petani.

Disela-sela kegiatan tanam jagung hibrida diserahkan bantuan alat penguntil jagung oleh Gubernur Riau.(adv)

 

Laporan: Soleh Saputra (Pekanbaru)
Editor: Eka G Putra

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

TERBARU


EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com