Musim Kemarau, BPBD Diminta Siaga Karhutla

Riau | Minggu, 07 Juli 2019 - 14:35 WIB

Musim Kemarau, BPBD Diminta Siaga Karhutla
Taufik Arrakhman

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kondisi cuaca di Provinsi Riau mulai memasuki musim kemarau. Bahkan akhir pekan lalu tercatat ada sebanyak sembilan titik panas. Jumlah sebanyak itu tersebar di lima daerah. Meski belum menimbulkan kabut asap, kondisi tersebut dinilai mengkhawatirkan. Maka dari itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk siaga akan kebakaran hutan dan lahan.


Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau Taufik Arrakhman kepada Riau Pos, Sabtu (6/7).

‘’Ya memang informasi kami dapat sudah terdeteksi 9 titik panas (hotspot, red). Cukup mengkhawatirkan kondisinya. Makanya kami minta BPBD supaya siaga. Seluruh fasilitas berdayakan agar api tidak meluas,” sebut Taufik.

Diakui dia, penanganan karhutla selang beberapa tahun ini terbilang baik. Termasuk keaktifan pihak-pihak terkait seperti Manggala Agni, TNI dan Kepolisian. Namun dirinya meminta agar seluruh pihak tidak terlena atas pengendalian karhutla supaya tidak meluas. Sehingga bencana kabut asap yang ditakutkan masyarakat Riau tidak kembali terjadi.

‘’Kami juga meminta gubernur supaya persoalan karhutla menjadi atensi. Termasuk juga memperhatikan anggaran penanggulangan. Bila rasanya kurang mungkin bisa dimaksimalkan pada APBD Perubahan saat ini. Kami DPRD pasti akan sangat mendukung. Karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” pungkasnya.(nda)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri


EPAPER RIAU POS  2020-05-21.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com