UMRI DAN JKR GELAR WEBINAR LINGKUNGAN

PLTB Jadi Solusi Pencegahan Karhutla

Riau | Rabu, 07 Juli 2021 - 23:01 WIB

PLTB Jadi Solusi Pencegahan Karhutla
WEBINAR: Pemateri memberikan paparan di sela-sela acara webinar online dengan tema "Implementasi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Melalui Agroforestry di Kampus Umri, Rabu (7/7/2021). (UMRI FOR RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Aksi kepedulian lingkungan dan upaya antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhtla) terus menjadi perhatian. Berangkat dari semangat tersebut Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) bekerjasama Forum Jurnalis Kreatif Riau (JKR) dan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi (BPBD) Riau menggelar webinar (seminar online).

    Kegiatan yang  dengan tema "Implementasi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Melalui Agroforestry (Alternatif Solusi Pencegahan Karhutla Di Riau)", Rabu (7/7/2021) berlangsung khidmat dan dihadiri perwakilan Pemerintah Pusat. Yakni Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ir Laksmi Dhewanthi.


    Acara yang berlangsung secara daring tersebut dilaksanakan di Kantor Rektorat Umri Lantai 3 dihadiri oleh narasumber Rektor Umri Dr Mubarak, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau Mamun Murod, Dosen Kehutanan Unri M Mardhiansyah. Selain itu perwakilan Provinsi Riau Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal dan sebagai moderator Dekan Fikom Jayus serta Koordinator forum JKR Satria Utama.

    Acara seminar dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan sebagai pembicara Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ir Laksmi Dhewanthi yang berlangsung secara daring.

    Dalam sambutannya, Rektor Umri Mubarak mengatakan, upaya mengatasi Karhutla ini tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Diharapkan semua pihak harus hadir dalam mencegah terjadinya Karhutla seperti dari pihak perusahaan, akademisi atau perguruan tinggi dan lain-lain.

   “Saya memberikan apresiasi karena telah menyelenggarakan atau terlaksananya seminar ini. Seminar ini akan ditindaklanjuti dengan program-programnya kedepan. Dan pengalaman-pengalaman yang telah disampaikan oleh beberapa narasumber nantinya bisa menjadi program kedepan," ujar Mubarak dalam sambutannya.

Bank BJB

   Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan, sesuai dengan arahan dari Presiden RI tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bahwa kita harus memprioritaskan upaya pencegahan Karhutla melalui diteksi dini, monitoring, pemantauan dilapangan dan lain-lain.

   Untuk itu Pemerintah Provinsi Riau sangat mendukung dengan diadakannya Webinar lingkungan tersebut. Langkah tersebut adalah salah satu bentuk upaya pencegahan Karhutla yang dapat diupayakan melalui edukasi untuk memperkaya ilmu pengetahuan dan pemahaman sehingga diharapkan nantinya terjadi perubahan perilaku masyarakat untuk pengendalian Karhutla.

     Berbagi pengalaman juga disampaikan Herman (52), Petani sayur dari program kemitraan Desa Makmur Peduli Api (DMPA) PT Arara Abadi-APP (Asia Pulp & Paper) Region Riau yang membuka lahan dengan .  Pengembangan ini Lembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Melalui Agroforestry (Alternatif Solusi Pencegahan Karhutla Di Riau) bertempat di Desa Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau.

    “Membersihkan lahan tanpa membakar sangat positif.  saya tidak menggunakan api atau membakar untuk membersihkan lahan saya. Bagi saya jika membakar akan merusak unsur tanah. Belum lagi kerusakan lingkungan dan kesehatan,’’ urainya lagi.(dof/c)
 

 



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook





TERBARU



Froozen Food - FOX Hotel Pekanbaru




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com