Kemarau, Waspadai Karhutla

Riau | Kamis, 07 Juli 2022 - 11:00 WIB

Kemarau, Waspadai Karhutla
Petugas melakukan upaya pemadaman lahan terbakar di Tirta Siak, Payung Sekaki, Pekanbaru, Jumat (2/4/2021) siang. (MHD AKHWAN/DOK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya, berdasarkan prediksi, Provinsi Riau mulai memasuki musim panas pada Juli dan Agustus tahun ini.

Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal mengatakan, meskipun upaya penanganan dan pengendalian karhutla di Riau di tahun ini tergolong baik, namun kewaspadaan akan tetap ditingkatkan.

Yamaha Alfa Scorpii

"Kewaspadaan terhadap karhutla harus terus ditingkatkan, karena diprediksi Riau memasuki musim panas mulai bulan Juli dan Agustus, atau sudah mulai bulan ini," katanya kemarin.

Karena itu, sebut Edy Afrizal, saat ini seluruh personel sudah disiagakan. Selain itu, sejumlah helikopter tetap akan melakukan aktivitas patroli sebagaimana mestinya, sehingga jika ada titik api yang muncul bisa segera diambil tindakan. "Personel dan peralatan untuk mengantisipasi karhutla tetap siaga. Jika ada terdeteksi Karhutla, akan langsung dilakukan penindakan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi bencana karhutla, saat ini di Riau disiagakan sebanyak tiga unit helikopter dan satu pesawat. Helikopter dan pesawat ini digunakan untuk patroli dan kegiatan water bombing jika diperlukan. "Semuanya dipakai untuk patroli dan bisa juga untuk water boombing. Jadi sekarang kita ada tiga helikopter dan satu pesawat," kata Edy.

Untuk total luas lahan yang terbakar di Riau sejak Januari hingga saat ini sebanyak 764,64 hektare (ha). Dengan rincian di Kabupaten Rokan Hulu 194,5 ha, Rokan Hilir 44 ha, Dumai 43,95 ha, Bengkalis 120,45 ha, Meranti 31,1 ha, Siak 10,76 ha, Pekanbaru 12,23 ha, Kampar 114,81 ha, Pelalawan 93,7 ha, Indragiri Hulu 22,65 ha, Indragiri Hilir 76,5 ha dan di Kuansing belum ditemukan karhutla. (ade)


 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  17-august.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com