Integrasi Sawit dan Ternak Untungkan Petani

Riau | Kamis, 07 November 2019 - 12:04 WIB

Integrasi Sawit dan Ternak Untungkan Petani
TERNAK KAMBING: Petani memanfatkan lahan sawit untuk ternak kambing di Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Siak, Rabu (6/11/2019). (wiwik widaningsih/riau pos)

RIAU (RIAUPOS.CO) -- Kelompok Tani Terang Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas sudah menerapkan integrasi kebun  sawit dengan ternak kambing. Hasilnya sungguh memuaskan. Pada awalnya mempunyai 23 ekor, sekarang meningkat menjadi 56 ekor kambing.

Ketua kelompok Tani Terang Jusia Ginting mengatakan, integrasi kebun sawit dengan ternak ternyata sangat menguntungkan. Kambing sangat bagus berkembang biak di lahan perkebunan.


"Pada awalnya mempunyai ternak kambing sebanyak 23 ekor sekarang meningkat menjadi 56 ekor. Sekali melahirkan kambing bisa rata-rata 2 ekor, dan dalam satu tahun kambing melahirkan dua kali," katanya.

Jenis kambing yang dibudidayakan adalah mayoritas kambing lokal dan beberapa kambing PE.

Korwil Penyuluhan Pertanian Kecamatan Minas Elka Roza MSi mengatakan, dengan pola integrasi sawit dan ternak ini terdapat keuntungan yang berlipat ganda.

Elka Roza menambahkan, ada beberapa keuntungan melaksanakan pola integrasi ini yaitu mnghemat biaya pengeluaran pakan ternak. Sebagian besar pakan ternak terdapat di sekitar areal kebun sawit seperti rumput dan legume. "Kambing bisa dilepas di areal tersebut," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Elka, juga menyuburkan areal perkebunan. Kotoran dan air kencing kambing sangat bermanfaat untuk pupuk alami bagi tanaman sawit. "Kotoran dapat diolah menjadi kompos, air kencing kambing pun dapat diolah menjadi pupuk organik cair," paparnya.

Kemudian meningkatkan produksi pertanian dan peternakan dan efisiensi dan mengefektifkan waktu untuk bertani dan beternak.(kom)

Laporan WIWIK WIDANINGSIH, SIak






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com