Kapolda Riau Berpesan Jaga Marwah Institusi

Riau | Sabtu, 08 Januari 2022 - 11:18 WIB

Kapolda Riau Berpesan Jaga Marwah Institusi
Irjen Pol Mohammad Iqbal (Kapolda Riau) (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memimpin serah terima jabatan (sertijab) empat pejabat utama (Pju) dan dua kapolres. Kegiatan yang digelar pagi hari itu berlangsung di Aula Tribrata Gedung Mapolda Riau, Jumat (7/1).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Irwasda Polda Riau Kombes Pol Hermansyah, Karoops Kombes Pol R Kasero Manggolo, Kabid Humas Kombes Pol Sunarto, Direskrimsus Kombes Pol Ferry Irawan dan beberapa Pju lainnya.

Yamaha Alfa Scorpii

Upacara serah terima jabatan diawali dengan pembacaan para pejabat yang berganti. Di antaranya Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Victor Siagian, Komandan Satuan Brimobda Riau Kombes Pol Dedi Suryadi, Karorena Polda Riau Kombes Pol Ano Munarto dan Kabid Propam Kombes Pol Gatot Sujono.

Adapun penggantinya adalah Kombes Pol Yos Guntur sebagai Dirnarkoba Polda Riau, Kombes Ronny Lumban Gaol sebagai Dansat Brimobda Riau, Kombes Novi Irawan pada Karorena dan Kombes Pol Johanes Setiawan Widjanarko sebagai Kabid Propram.

Living World Pekanbaru

Sedangkan untuk posisi kapolres yang berganti di antaranya Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan digantikan AKBP Indra Wijatmiko yang saat ini menjabat Kapolres Pelalawan. Hendra mendapat promosi sebagai Wadirlantas Polda DI Jogjakarta. Sedangkan posisi Kapolres Pelalawan diisi oleh AKBP Guntur Muhammad Tariq yang sebelumnya merupakan Kabag Ops Polres Metro Jakpus.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam amanatnya turut mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru Polda Riau. Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini berpesan agar para pejabat baru bisa segera menyesuaikan diri. Dan yang terpenting adalah menjaga marwah institusi yang sangat diharapkan masyarakat.


"Selamat datang di tim yang besar. Jaga marwah institusi Polri yang sangat dibanggakan dan diharapkan masyarakat. Indikatornya banyak," ucap Kapolda.

Kepada pejabat lama, Irjen Iqbal mengucapkan banyak terima kasih atas prestasi dan dedikasi yang telah ditorehkan. Meski belum sempat mengenal begitu lama, Iqbal melihat dalam beberapa hari menjabat keseriusan serta komitmen para PJU dalam bertugas.

"Terima kasih banyak atas dedikasi yang diberikan di Polda Riau selama ini. Banyak tinta emas yang diberikan, ada keringat, mungkin tetes air mata, bahkan darah, demi harumnya citra kepolisian," ungkapnya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) ini berdoa semoga para pejabat lama, terus jaya, sehat dan bahagia di bawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Dia menyampaikan kepada para mantan PJU Polda Riau itu selamat mengikuti pendidikan.

"Untuk Kapolres Bengkalis dan Kapolres Pelalawan, juga terima kasih banyak. Untuk pejabat lama terima kasih atas pengabdiannya," sambung Iqbal.

Secara umum, kepada seluruh pejabat lama dan pejabat baru Irjen Iqbal berpesan, agar menikmati proses tour of duty. Bahwa esensi proses mutasi, sejatinya adalah pembelajaran. Kemudian belajar bagaimana menjadi polisi yang semakin hari semakin baik. Baik dalam konteks organisasi, manajemen, leadership, dan juga baik dalam konteks keagamaan, serta hubungan antarmanusia.

Dirinya yakin, semuanya akan berkembang menjadi lebih baik di kemudian hari. Menjadi pelapis bagi anggota polisi senior. Seperti dirinya, dan senior lainnya.

"Memang bintang, tetapi karena kami lahir duluan, masuk Akpol. Kami juga sama semua. (Pernah) Kapolres, pejabat utama. Akan silih berganti. Tergantung bagaimana kita menikmati proses kehidupan, terutama proses tour of duty kepolisian. Saya doakan semuanya bisa berdiri sebagai Kapolda. Kapolda yang membanggakan, dicintai masyarakat dan anggota," pungkas Irjen Iqbal.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto menyatakan, mutasi jabatan di tubuh Polri, merupakan suatu hal yang wajar dan lumrah terjadi.

"Mutasi itu hal biasa untuk kepentingan organisasi dan juga karir personel. Dan pada hari ini (kmarin, Bapak Kapolda sudah memimpin Sertijab antara pejabat kepolisian yang lama dengan yang baru," terang Kombes Sunarto.(nda)

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com