PANDEMI COVID-19 RIAU

Waspada Lonjakan Kasus di Lima Daerah

Riau | Minggu, 09 Mei 2021 - 09:36 WIB

Waspada Lonjakan Kasus di Lima Daerah
Ilustrasi (RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Covid-19 di Riau masih mengkhawatirkan, belum ada kecenderungan turun, sebaliknya  justru naik. Sabtu (8/5), terjadi penambahan kasus baru sebanyak 654 pasien positif dan tujuh orang meninggal dunia. Alhasil, dari 12 kabupaten/kota di Riau, saat ini lima di antaranya masuk dalam kategori zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 dan diminta mewaspadai lonjakan kasus Covid-19.

“Kami memantau ada lima kabupaten/kota yang betul-betul harus diwaspadai penanganan dan pengendalian Covid-19 yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Siak, Rokan Hulu, dan Kampar. Daerah ini harus waspada lonjakan kasus,” ujar Juru bicara tim Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Sabtu (8/5).


Karena itu, Indra Yovi meminta pemerintah daerah setempat untuk dapat memastikan ruangan isolasi rumah sakit dan isolasi mandiri tersedia. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Kondisi saat ini memungkinkan masih akan berlanjut hingga sesudah Idulfitri. Hal ini ditambah dengan orang yang sudah mudik dan kembali ke Riau. Dua pekan sesudah Idulfitri kita akan menghadapi peningkatan kasus yang signifikan jika masyarakat terus abai protokol kesehatan,” ujarnya.

Karena itu, dr Indra Yovi mengajak, jika tidak ingin terus terjadi peningkatan kasus, masyarakat hendaknya menghindari bepergian ke tempat keramaian, dan terus menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kalau hal di atas diikuti bersama kondisi Covid-19 bisa dikendalikan. Kalau abai, yakinlah kondisi ini tidak akan lebih baik. Mungkin bisa lebih buruk dari India,” sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak pemerintah daerah untuk kembali gencar menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Terutama ajakan untuk menggunakan masker karena saat ini sudah banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker terutama di lima daerah yang masuk kategori zona merah.

“Pemerintah daerah buat ajakan untuk penerapan protokol kesehatan. Libatkan anak muda agar lebih mengena. Ingat yang banyak menularkan anak muda umur 18-40 tahun, sedangkan yang meninggal orang tua berusia 50 tahun ke atas yang tertular dari anak muda,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, menginformasikan, per hari Sabtu (8/5) terdapat penambahan 654 pasien positif Covid-19. Dengan demikian, total penderita Covid-19 di Riau sebanyak 48.418 orang.

“Sementara itu, untuk pasien yang sembuh bertambah 257 pasien, sehingga total 41.565 orang yang sudah sembuh. Untuk kabar dukanya, juga terdapat tujuh pasien yang meninggal dunia. Sehingga total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Riau sebanyak 1.199 orang,” paparnya.(sol)

 

 


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  2021-06-17.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com