Ditemukan Jejak Harimau di Sri Gemilang

Riau | Senin, 09 September 2019 - 09:56 WIB

Ditemukan Jejak Harimau di Sri Gemilang
Jejak kaki harimau sumatera di Kampung Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. (POLSEK KOTO GASIB FOR RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Sejak sepekan terakhir, warga menemukan jejak kaki harimau di jalanan menuju hutan dan semak dekat tanaman kelapa sawit di Kampung Sri Gemilang. Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. Keberadaan harimau ini memang sudah terpantau warga, Polsek Koto Gasib, tim Damkar dan pihak kecamatan saat melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutlka) di wilayah itu.

Kapolsek Koto Gasib Ipda Suryawan mengatakan, dia dua kali melihat harimau di wilayah itu saat melakukan pemadaman.


"Pertama, saya melihat saat melakukan patroli. Karena kebakaran lahan ada di beberapa titik, saya berpindah dari titik satu ke titik lainnya. Saat itulah saya melihat seekor harimau melompat menyeberangi jalan," ungkapnya.

Jika itu siang hari, pertemuan berikutnya menurutnya menjelang magrib. Usai melihat harimau itu, dia mengajak tim yang bekerja melakukan pemadaman kembali ke kamp. Di perjalanan kembali ke kamp sempat ada yang bertanya kenapa cepat sekali kembali ke kamp, karena biasanya sampai malam melakukan pemadaman. Sesampai di kamp barulah Suryawan menjelaskan ada harimau di sekitar lokasi yang terbakar itu.
 
"Mungkin dia kepanasan dan haus makanya keluar dan menampakkan diri," ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut dikatakannya, setelah karhutla di wilayah itu berakhir, sepekan lalu, tepatnya Jumat (30/8), warga mengirimkan foto jejak kaki harimau yang berkeliaran di wilayah itu. Kapolsek menunjukkan foto-foto yang dikirim Bhabinkamtibmas bersama warga. Dia yakin ada habitat harimau di wilayah itu. Dia berharap hal ini perlu penanganan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Sementara Camat Koto Gasib Dicky Sofyan berharap penanganan dari instansi terkait cepat dilakukan, sehingga tidak ada korban.

"Sebab, kalau habitatnya sudah terganggu, tentu harimau akan ke permukiman dan hal itu akan sangat membahayakan warga," ungkap Camat.

Sementara Kabid Damkar BPBD Siak Irwan membenarkan ada habitat harimau di wilayah Siak. Salah satunya di Dayun dan beberapa tempat lainnya. Sebab saat dia dan timnya melakukan pemadaman beberapa waktu lalu, dirinya mendengar suara menggeram dari dalam semak. Awalnya dia tidak merasa curiga, namun saat disenter dan memang terlihat, akhirnya mereka menghentikan pemadaman malam itu.
 
"Saya yakin, harimau keluar karena habitatnya terganggu. Udara yang panas karena kebakaran lahan dan kurangnya pasokan air juga menjadi salah satu penyebab,' ungkapnya.(mng)

>>Berita selengkapnya baca Riau Pos hari ini.

Editor : Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com