Kendaraan Dinas Paling Banyak Menunggak Pajak, Ini Jumlah dan Jenisnya

Riau | Kamis, 09 September 2021 - 10:00 WIB

Kendaraan Dinas Paling Banyak Menunggak Pajak, Ini Jumlah dan Jenisnya
Kendaraan dinas lingkungan pemerintahan di Provinsi Riau, ternyata banyak menunggak pajak. (DOK.RIAUPOS.CO)

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) - DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau menyayangi tunggakan pajak kendaraan dinas (randis) berplat merah. Sebab, pemerintah sendiri harusnya menjadi contoh bagi masyarakat untuk menuntaskan kewajiban pembayaran pajak.

Hal itu sebagaimana dikemukakan Ketua Komisi III DPRD Riau Husaimi Hamidi yang membidangi pendapatan daerah, Rabu (8/9/2021).


Dikatakan dia, berdasarkan data yang diperoleh pihaknya ada sekitar 8.839 randis dari berbagai jenis yang masih menunggak pajak. Jumlah tersebut tersebar di 12 kabupaten/kota termasuk randis milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Dengan persoalan itu, pihaknya berencana melakukan pengecekan ke anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Apakah untuk pembayaran pajak randis ada dianggarkan atau tidak.

"Cukup disayangkan ketika pemerintah daerah gembar-gembor mengajak masyarakat untuk membayarkan pajak kendaraan, namun pemda sendiri kendaraan dinasnya banyak yang tidak bayar pajak. Ini kan sebuah contoh tidak baik kepada masyarakat. Apalagi pemprov saat ini ada program penghapusan denda pajak PKB untuk menggenjot pembayaran pajak," tutur Husaimi.

Ia menegaskan bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) itu sama sekali tidak memiliki pengecualian. Baik kendaraan milik masyarakat maupun pemda tetap harus membayarkan pajak. Karena hal itu telah diatur ke dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Bank BJB

"Bagaimana masyarakat mau bayar kalau dinas saja tidak bayar? makanya kalau mau ubah orang, ubah diri sendiri dulu. Kita tekankan ke gubri, agar dinas ini bayar pajak kendaraan," pintanya.

Diketahui sebelumnya, Komisi III DPRD Riau yang membidangi pendapatan mendapati adanya 8.839 kendaraan dinas atau randis di instansi lingkungan pemkot/pemkab, termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Jumlah itu terbagi atas randis jenis bus sebanyak 27 unit, jeep 181 unit, light truk 23 unit, microbus 78 unit, minibus 1.723 unit, pick up 405 unit, sedan 26 unit, sepeda motor roda dua 6.020 unit, sepeda motor roda tiga 213 unit, dan truk 140 unit.

Sedangkan untuk randis terbanyak menunggak pajak terdapat di Pekanbaru. Dengan total sebanyak 1.600 unit yang terdiri dari randis Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.(hen)



Pemkab Rokan Hulu





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


samsat- Pemkab Meranti




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com