KEMAH MADRASAH DAN PESANTREN SE-RIAU RESMI DIBUKA

Bakal Jadi Agenda Tetap Riau Pos

Riau | Jumat, 10 Januari 2020 - 09:39 WIB

Bakal Jadi Agenda Tetap Riau Pos
Suasana kegiatan “Kemah Madrasah dan Pesantren” Tingkat Provinsi Riau yang ditaja Riau Pos bersama Kanwil Kemenag Riau di Bumi Perkemahan PTPN V Pekanbaru, Kamis (9/1/2020). (DEFIZAL / Riau Pos)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Riau Dr H Mahyudin secara resmi membuka Perkemahan Pramuka Madrasah (PPM) dan Pesantren tingkat Provinsi Riau di Bumi Perkemahan PTPN V, Jalan Rambutan Pekanbaru, Kamis (9/1).  

Kegiatan ini ditaja Riau Pos bersama Kanwil Kemenag Riau, dan Gerakan Pramuka Kwarda 04 Riau.

Pembukaan dihadiri Direktur Riau Pos Sumedi Susanto, H Kasiaruddin SH mewakili Kwarda Pramuka Riau, Kepala Gugus Depan Universitas Riau Dahlius, dan Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Riau Sofwan Muhajir.

Kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai daerah di Riau. Yakni Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, serta Kota Pekanbaru. Yang diikuti sekitar 20 MTs dan 9 MA dan masih ada beberapa kontingan yang dalam perjalanan ke Pekanbaru. Diperkirakan diikuti sekitar 500 peserta yang akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Dalam sambutannya, Mahyudin mengungkapkan, acara ini juga menjadi rangkaian Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-74 di Riau dan hari jadi Riau Pos ke-29. Dia berharap kerja sama yang sudah terjalin ini akan senantiasa terus berlanjut untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan lebih besar dan lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

Mahyudin menceritakan, kerja sama ini diawali dengan beberapa kali pertemuan dengan panitia penyelenggara. Panitia melaporkan kepada pihaknya akan ada kegiatan ini. Pihaknya pun menyambut positif kegiatan ini. Pasalnya Kemenag punya dua program kegiatan perkemahan. Yakni pramuka madrasah dan pramuka pondok pesentren yang terus dilaksanakan setiap tahun. Saat ini, ujar Mahyudin, sudah disatukan menjadi perkemahan pramuka yang dilaksanakan Kemenag dalam hal ini  Ditjen Pendidikan Islam.

"Ini adalah satu wadah bagaimana peserta bisa berbaur menjadi satu antara madrasah dengan pondok pesantren dalam kegiatan perkemahan pramuka. Mudah-mudahan ini bisa lanjutkan di tahun-tahun mendatang. Pada tahun mendatang kalau ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, kami yakin dan percaya ini akan bisa dilaksanakan lebih baik dan lebih ramai lagi," ucapnya.

Sementara Direktur Riau Pos Sumedi Susanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PTPN V yang telah mendukung kegiatan ini.

"Kami berharap dukungan dari Kakanwil Kemenag Riau agar kegiatan ini bisa menjadi agenda tetap Riau Pos. Artinya setiap tahunnya kita akan melaksanakan perkemahan akbar  dari madrasah dan pondok pesantren. Dan kedepan akan kami coba lebih besar lagi dengan mengundang tamu-tamu dari luar," ungkap Sumedi.

Sumedi menambahkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengangkat madrasah dan pesantren ke tingkat yang lebih luas dan memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan madrasah.

"Barangkali ke depan kami juga akan mengadakan cerdas cermat antara madrasah dan pesantren. Jadi program lima tahun ke depan, kami sudah agendakan perekamahan madrasah dan pesantren. Untuk itu kami minta dukungan semua pihak akan lebih baik lagi ke depannya," harapnya.(dof)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com