Siagakan Alat Berat  Antisipasi Bencana

Riau | Senin, 10 Mei 2021 - 11:34 WIB

Siagakan Alat Berat  Antisipasi Bencana
M Taufiq Oesman Hamid

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sebagai bentuk antisipasi terhadap bencana longsor saat libur Idulfitri 1442 H atau 2021 masehi, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau menyiagakan alat berat full set di enam Unit Pelaksana Teknis (UPT). 

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Taufiq Oesman Hamid mengatakan, alat berat full set tersebut terdiri dari excavator, bulldozer, dan vibro roller. Yang kesemuanya disiapkan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat libur lebaran seperti tanah longsor. 


"Jadi enam UPT jalan sudah kami minta untuk siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana longsor saat libur lebaran. Begitu ada kejadian, dapat langsung ditanggulangi," kata Taufiq. 

Lebih lanjut dikatakannya, agar jika terjadi bencana seperti tanah longsor bisa langsung ditangani dengan cepat. Taufiq mengaku telah meminta UPT untuk menyiagakan petugas dengan sistem piket selama libur lebaran.

"Jadi saat libur lebaran anggota kita ada yang piket di masing-masing UPT. Karena kita perlu antisipasi bencana longsor mengingat saat ini intensitas curah hujan di Riau cukup tinggi. Seperti yang terjadi di jalan lintas Riau -Sumatera Barat beberapa waktu lalu," sebutnya.

Di samping itu, tambah Taufiq, saat ini masing-masing UPT juga masih melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan provinsi di kabupaten/kota. Terutama di jalanan yang banyak dilintasi untuk keperluan pengangkutan bahan pokok karena kegiatan mudik dilarang.

"Para UPT jalan juga sedang melakukan perbaikan diruas jalan yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing. Ini juga untuk memperlancar arus angkutan barang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edy Afrizal mengatakan, pihaknya juga sudah memetakan lokasi yang rawan terjadi bencana di Riau. Khusus untuk bencana tanah longsor, di Riau terdapat dua wilayah yang tergolong rawan.

"Kami sudah memetakan daerah yang rawan terjadi longsor di Riau. Yakni di Kabupaten Kuantan Singingi di Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat dan di Kabupaten Kampar juga di Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Edy juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi tersebut untuk dapat lebih waspada. Apalagi ketika melintas saat hujan lebat. 

"Masyarakat kami minta untuk lebih waspada lagi," imbaunya.(sol)  


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  23-jun.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com