DIALOG

Jawab Pernyataan Sikap FKPMR, Kapolda Riau Undang Langsung Pengurus

Riau | Sabtu, 10 Oktober 2020 - 12:55 WIB

Jawab Pernyataan Sikap FKPMR, Kapolda Riau Undang Langsung Pengurus
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama Ketua FKPMR Dr Chaidir dalam pertemuan, Jumat (9/10/2020).
PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Polda Riau merespon pernyataan sikap dari Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), terhadap tindakan represif pihak kepolisian saat mengamankan unjuk rasa di DPRD Riau, Kamis (8/10/2020) lalu.
 
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi langsung menjawab dan menjelaskan secara detil kepada pengurus terkait pernyataan sikap tersebut.
 
Ketua FKPMR Dr drh Chaidi MM mengatakan, Kapolda Riau langsung mengundang para pengurus FKPMR melakukan pertemuan pada Jumat (9/10/2020) sore. Dalam pertemuan selama dua jam tersebut, Kapolda menjelaskan prosedur telah dilakukan kepolisian dalam mengamankan aksi unjuk rasa oleh mahasiswa.
 
"Alhamdulillah, Pak Kapolda Riau sudah menjelaskan dan menjawab butir demi butir pernyataan sikap terkait unjuk rasa mahasiswa berujung pembubaran massa," kata Chaidir.
 
Kapolda, lanjut Chaidir, menjelaskan semua prosedur yang dilakukan, mulai dari dialog dengan pemimpin unjuk rasa, menghadirkan Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto, bersama anggota DPRD Riau lainnya, Ade Hartati dan Agung Nugroho, serta meminta adik-adik mahasiswa untuk tetap menjaga ketertiban saat berdemonstrasi.
 
"Pak Kapolda juga memutarkan video langkah-langkah dilakukan kepolisian dalam menjaga aksi, hingga rusaknya pintu gerbang DPRD Riau serta air yang ditembakkan dengan menggunakan mobil water cannon," ujar Chaidir.
 
Usai menerima penjelasan tersebut, Chaidir mengatakan bahwa meskipun aparat kepolisian telah memiliki prosedur dalam mengamankan aksi unjuk rasa, namun pihaknya meminta agar tetap mengedepankan komunikasi persuasif sebab apa yang disampaikan mahasiswa yang berunjuk rasa tersebut murni merupakan suara hati nurani rakyat.
 
"Ke depan komunikasi harus lebih diintensifkan antara jajaran kepolisian terutama Kapolda dengan aktivis mahasiswa, karena kami lihat sebenarnya Kapolda telah membuat beberapa inovasi, seperti tekadnya untuk menerapkan kepemimpinan berbudaya Melayu dalam memimpin Polda Riau, aplikasi Lancang Kuning dalam operasi penanggulangan karhutla di Riau, dan beberapa program lainnya," sebutnya.
 
Laporan: Soleh Saputra
Editor: Eka G Putra


Diskes Kampar Lawan Covid-19








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-19.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com