100 PERSONIL BRIMOB RIAU KE PAPUA

Kapolda: Saya Berdoa, Berangkat 100, Pulangnya Juga 100

Riau | Selasa, 11 Agustus 2020 - 12:12 WIB

Kapolda: Saya Berdoa, Berangkat 100, Pulangnya Juga 100
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi menyerahkan Bendera Merah Putih kepada personil Brimob yang diberangkatkan ke Papua, Senin (11/8/2020). (RIRI RADAM/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Sebanyak 100 personil Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau kembali diberangkatkan ke Provinsi Papua. Mereka akan bertugas melakukan penjagaan dan pengamanan selama enam bulan ke depan di Bumi Cendrawasih.

Pelepasan ratusan personil Brimob atau setara dengan kekuatan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi di Halaman Mapolda Riau, Selasa (11/8) pagi. Pada kesempatan itu, turut hadir para pejabat utama (PJU) Polda Riau. 

Para personil Krops Bhayangkara Riau, nantinya di bawah Komandan Batalyon Penugasan, Kompol Afrizal Asri yang memimpin lima kompi terdiri dari satu SKK Brimob Polda Riau. Lalu, satu SKK Brimob Polda Kepri, satu SSK Brimob Polda Jabar, satu SSK Brimob Polda Gorontalo, satu SSK Brimob Polda Maluku. Meraka berada di bawah bantuan kendali operasi (BKO) Polda Papua akan melaksanakan tugas di Distrik Kenyam, Kabupaten Ndunga dan di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.


Di daerah operasi, pasukan BKO akan melaksanakan tugas patroli dan pengamanan daerah rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kemudian, melaksanakan penebalan di polsek-polsek yang rawan gangguan KKB maupun daerah rawan konflik sosial.

Di samping itu, juga bertugas menjaga, memberikan rasa aman masyarakat dan menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah penugasannya, serta membantu persiapan pembentukan Polres Intan Jaya.

“Pagi ini, saya melepas penugasan 100 personel Brimob Polda Riau untuk menjalankan tugas negara. Saya berikan bendera merah putih ini sebagai bentuk lambang keutuhan NKRI, ini dimaknai panggilan tugas kepada nusa dan bangsa dan kepada kesatuan Brimob, kita adalah prajurit yang loyal kepada bangsa Indonesia," kata Kapolda Riau.

Jendral bintang dua menambahkan, agar komandan batalyon dapat mengendalikan dengan baik para anggotanya bersama dengan pasukan Brimob dari daerah lain dengan misi damai. Selain itu, diharapkan menjalankan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya berharap selama penugasan tidak ada letusan senjata api di Papua. Namun demikian, kita tahu situasi sehingga jalankan protap pengamanan untuk keberhasilan tugas. Ayomi masyarakat, mereka semua adalah saudara-saudara kita. Saya berdoa kepada Allah SWT, 100 personil yang berangkat dan pulangnya juga lengkap 100 personil dengan kondisi sehat dan selamat," harap mantan Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN). 

Lanjut Kapolda Riau, dirinya meminta ratusan personil untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Kemudian, jadikan penugasan ini sebagai kebanggan serta pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Kamtibmas di Papua harus kalian jaga bersama sama. Jaga kedisiplinan, karena disiplin merupakan roh dari pasukan. Saya titip kepada seluruhnya untuk saling melindungi dan saling menjaga satu sama lain, selamat bertugas,” pungkas Irjen Pol Agung.

 

Laporan: Riri Radam

Editor: E Sulaiman





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-30.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com