GANTI RUGI LAHAN

Ade Agus: Ganti Rugi Lahan Tol Harus Ganti Untung, Bukan Ganti Rugi

Riau | Rabu, 12 Februari 2020 - 15:58 WIB

Ade Agus: Ganti Rugi Lahan Tol Harus Ganti Untung, Bukan Ganti Rugi
Ade Agus Hartanto (AFIAT NANDA/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Rengat sudah mulai berjalan. Saat ini, pihak kontraktor sudah mengangsur pembebasan lahan warga.

Menyikapi hal itu, Anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Ade Agus Hartanto meminta pembebasan lahan tol harus sesuai dengan instruksi presiden.

Sebelumnya Presiden RI Ir Joko Widodo memastikan penggantian lahan warga harus menguntungkan.

“Jadi tidak ada istilah ganti rugi. Sesuai kata Pak Presiden harus ganti untung. Jadi kami harapkan kontraktor bisa berpatokan dengan instruksi tersebut,” ujar Ade Agus kepada Riaupos.co, Rabu (12/2/2020).

Dalam kesempatan itu, ia juga meminta pemerintah daerah ikut andil dalam proses pembebasan lahan. Termasuk mengawal dan membantu proses yang sedang berlangsung, sehingga, rencana pemerintah pusat dalam menyambungkan pulau Sumatera melalui program tol Trans Sumatera bisa berjalan baik.

“Pemerintah daerah diharapkan turut terlibat. Karena yang tau dan paham dengan daerah tersebut ya pemda. Mudah-mudahan ini berjalan dengan baik dan bisa mensejahterahkan masyarakat kita,” sambung Ade.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memang pernah menyampaikan bahwa ganti rugi lahan warga untuk pembangunan tol berjalan baik. Jokowi mengklaim, tidak ada pembebasan lahan warga yang justru rugi. Melainkan lebih untung.

“Karena tidak ada yang namanya ganti rugi, melainkan ganti untung," ujar Jokowi dalam Debat Calon Presiden Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2/2019) lalu.
 
Laporan: Afiat Ananda
Editor: Deslina

 

 




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com