Salat Iduladha Dipusatkan di Masjid Agung

Riau | Senin, 12 Agustus 2019 - 09:27 WIB

Salat Iduladha Dipusatkan di Masjid Agung
MENYAKSIKAN: Bupati Rohul H Sukiman didampingi Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi saat menyaksikan pemotongan hewan kurban di MAIC Rohul, Ahad (11/8/2019).

(RIAUPOS.CO) -- Pelaksanaan Salat Iduladha 1440 H tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ahad (11/8) dipusatkan di Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Pasirpengaraian.

Sejumlah masjid yang ada di Kecamatan Rambah, jamaahnya memilih bersama-sama melaksanakan salat di masjid kebanggaan masyarakat Rohul itu. Dan ada masyarakat yang melaksanakan salat  di masjid di lingkungannya.

Terpantau belasan ribu masyarakat dan jamaah yang melaksanakan Salat Iduladha memenuhi lantai dasar dan lantai  satu  serta pelataran MAIC Rohul. Hadir Bupati  Sukiman, Kapolres AKBP M Hasyim Risahondua SIK MSi, Kakan Kemenag Drs H Syahruddin MSy, Sekda H Abdul Haris SSos MSi.


Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohul, camat dan kepala desa di Kecamatan Rambah. Sebagai Khatib dalam salat itu  Rektor UIN Suska Pekanbaru Prof Dr H Akhmad Mujahidin. Hadir Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Ketua Dharma Wanita Persaatuan (DWP) Rohul Hj Neti Herawati Haris.

Bupati Rohul H Sukiman dalam arahannya, sebelum melaksanakan salat menyebutkan rasa bangga dan haru dirinya melihat semangat kebersamaan masyarakat di Kecamatan Rambah dan sekitarnya untuk bersama-sama melaksanakan salat  berjamaah di MAIC Pasirpengaraian.

Dia menekankan pentingnya menanamkan rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama. Maka dari itu, lanjutnya mari perkuat silaturrahmi dan rasa kekeluargaan. 

‘’Pelaksanaan Salat Idul dha yang dipusatkan di Masjid Agung ini sebagai simbol kekuatan umat Islam di Kota Pasirpengaraian dan sekitarnya. Pemerintah daerah ke depan komit untuk meningkatkan nilai-nilai pembangunan keagamaan di Rohul yang dikenal dengan negeri Seribu Suluk,’’ ujarnya.

Di hadapan ribuan jamaah, bupati menyampaikan permohonan maaf. ‘’Kami atas nama Pemkab Rohul, keluarga dan pribadi mengucapkan selamat hari raya Iduladha 1440 H, mohon maaf lahir dan batin,’’ sebutnya.

Bupati juga menyerahkan hadiah pemenang juara pawai takbir pada malam hari raya. Berdasarkan pengumuman panitia pawai takbir, menetapkan Masjid Al Mukhlisin Kecamatan Rambah  sebagai Juara I.

Disusul Masjid Ar Rahman sebagai juara II dan Masjid Silaturrahim juara III. Masjid Al Jamik juara harapan I dan masjid Al Mujahirin juara harapan II dan Masjid Al Hilal juara harapan III.

Mantan Dandim Inhil itu mengaku bangga melihat antusias masyarakat yang menyaksikan pawai takbir. Hal ini menunjukkan berjalannya syiar Islam serta menandakan kepada masyarakat luar bahwa Rohul memiliki kultur masyarakat yang rukun dan damai. 

Yang ditandai dengan antusiasnya masyarakat di ibukota Kabupaten Rohul ikut meramaikan dan menyaksikan kendaraan mobil hias roda empat, roda dua serta beca honda sebagai barisan dari peserta pawai takbir malam hari Raya Iduladha.(adv)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-04.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com