TENTANG LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN HAJI 2021

Kanwil Kemenag Riau Tunggu Instruksi Pusat

Riau | Sabtu, 12 Desember 2020 - 10:10 WIB

Kanwil Kemenag Riau Tunggu Instruksi Pusat
Mahyudin

PEKANBARU, (RIAUPOS.CO) -Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau Drs H Mahyudin MA mengatakan, sampai saat ini ia belum bisa memastikan langkah-langkah pelaksaan haji 2021. Mengingat Kementrian Agama hingga saat ini masih terus melakukan koordinasi dan komunikasi bersama Komisi VIII DPR RI.

"Kanwil Riau hingga saat ini masih menunggu instruksi pusat tentang langkah-langkah pelaksanaan haji untuk 2021," ujar Mahyudin kepada Riau Pos, Jumat (11/12).


Dijelaskannya, menurut keterangan dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama masih melanjutkan diskusi intensif dengan unsur pimpinan Komisi VIII, terkait mitigasi penyelenggaraan ibadah haji 1442H.

Menurutnya, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pemerintah Arab Saudi sampai kini juga belum memberikan informasi resmi terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021. Karena waktu terus berjalan sehingga Kemenag harus menyiapkan mitigasi berbagai kemungkinan skema penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M.

"Kami belum bisa menyampaikan terkait pelaksaan haji 2021, karena belum ada surat dari pusat," kata Mahyudin.

Untuk diketahui, saat ini Kemenag RI  bersama Komisi VIII terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif membahas mitigasi penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M. Koordinasi ini dikemas dalam bentuk focus group discussion (FGD) yang berlangsung di Jakarta.

Dalam FGD tersebut, bersama Komisi VIII, berbagai potensi masalah dipetakan dan disiapkan skema mitigasinya. Menyiapkan dengan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan jika haji diselenggarakan dalam situasi yang belum normal karena pandemi.

Mengingat peta masalah yang disiapkan Kemenag mencakup banyak aspek. Antara lain terkait tiga skema penyelenggaraan ibadah haji, kuota normal, pembatasan kuota, dan pembatalan keberangkatan dan dampak yang ditimbulkannya.(dof)

 


Bank BJB





Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Ampunan Allah

Ilyas Husti (Ketua MUI Riau)

Ampunan Allah

Rabu, 14 April 2021

EPAPER RIAU POS  14-aprill.jpg

telatah ramadan

Angos

Rabu, 14 April 2021
Angos




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com