Harga Pupuk Tinggi, Gubri Surati Mentan

Riau | Sabtu, 13 Agustus 2022 - 17:27 WIB

Harga Pupuk Tinggi, Gubri Surati Mentan
Grafis. (DOK: RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyurati Menteri Pertanian (Mentan) RI untuk meninjau harga pupuk perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, saat ini harga pupuk di Riau masih tinggi sehingga dikeluhkan para petani.

"Surat kepada Mentan tersebut bernomor: 526/DISBUN/3686, dengan hal peninjauan harga pupuk untuk perkebunan kelapa sawit," kata Gubri Syamsuar, Jumat (12/8).


 Lebih lanjut dikatakannya, surat tersebut juga ditembuskan kepada Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman RI, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi RI, Menteri Perdagangan RI, dan Menteri Dalam Negeri RI.

 "Bersama surat tersebut, kami menyampaikan kepada Mentan terkait kondisi masih rendahnya harga TBS pekebun kelapa sawit beberapa bulan terakhir sejak adanya larangan ekspor CPO di Indonesia pada umumnya dan di Provinsi Riau khususnya," ujarnya.

Di samping itu, kata Gubri, perkebunan kelapa sawit juga dihadapkan pada kondisi tingginya harga pupuk. Sementara pupuk bersubsidi tidak ada lagi bagi petani sawit untuk mendukung peningkatan produksi kelapa sawit di kebun petani.

Surat yang disampaikan Gubri Syamsuar tersebut berisi empat poin (lihat grafis).


"Dengan memperhatikan kondisi sebagaimana disampaikan dalam empat poin tersebit, bersama ini kami sampaikan permohonan kepada bapak menteri untuk dapat mempertimbangkan upaya-upaya untuk menurunkan harga pupuk di tingkat pekebun kelapa sawit atau adanya kebijakan pupuk bersubsidi yang diberikan juga kepada petani sawit," lanjutnya.(sol)

 







BEASISWA BENGKALIS 2022




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com