WABAH CORONA

Kembali Bertambah, Total Kasus Positif Covid-19 di Riau Jadi 20 Kasus

Riau | Selasa, 14 April 2020 - 01:38 WIB

Kembali Bertambah, Total Kasus Positif Covid-19 di Riau Jadi 20 Kasus
ILUSTRASI

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kasus positif Covid-19 di Riau terus terus mengalami lonjakan. Terhitung sejak siang kemarin hingga hari ini, Senin (13/4/2020) terdapat empat kasus positif baru. Sehingga total menjadi 20 kasus. 

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebutkan, berdasarkan pemeriksaan terhitung  terdapat kasus konfirmasi positif sebanyak 316 orang sehingga tot menjadi 4.557 orang.


"Sementara kasus sembuh sudah ada 380 orang. Dan yang terpaksa harus meninggal pada hari ini terhitung dari kemarin ada 26 orang sehingga totalnya menjadi 399 orang," kata Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Senin (13/4/2020).

Yuri menegaskan, kasus kematian didominasi pada orang dnegan usia lanjut dan orang-orang tua yang disertai penyakit penyakit bawaan sebelumnya, seperti hipertensi dan diabetes.

"Sebagian besar dari yang meninggal ini terutama pada kelompok usia diatas 50 tahun dan memiliki penyakit-penyakit lain," jelasnya.

Untuk itu, kata Yuri, anggota keluarga harus menjadi kunci untuk memutus rantai penularan virus tersebut, apa lagi pada orang yang tidak memiliki gejala karena imunitasnya masih bagus. "Oleh karena itu mari bersama-sama kita pahami. Kita harus sadar bahwa di antara keluarga masyarakat pada kelompok yang rentan yang rentan terinfeksi rentan terpapar oleh virus yaitu mereka-mereka yang masih memiliki aktivitas sosial yang sangat aktif masih berada di luar rumah," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Yuri, hal yang bisa dilakukan saat ini adalah kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu padu memutus rantai penyebaran Covid-19, tidak hanya dari pemerintah saja namum peran penting masyarakat terutama keluarga kkeluarga masing-masing.

"Inilah yang harus kita lakukan di dalam kaitan dengan pengendalian penyakit ini kalau kita mau ingin memutuskan rantai penularannya dengan cara yang benar. Insya Allah kita akan mampu melewati masa sulit ini dan kita akan bisa menjadi pemenangnya," tambahnya.

Laporan: Yusnir (Jakarta)
Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com