Pemprov Kirim Surat ke Kemenpan-RB Terkait Penambahan Kuota CPNS

Riau | Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB

Pemprov Kirim Surat ke Kemenpan-RB Terkait Penambahan Kuota CPNS
Ikhwan Ridwan

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Menindaklanjuti permintaan Gubernur Riau Drs H  Syamsuar  untuk penambahan kuota penerimaan Calon  Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan mengirim surat ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, surat permintaan penambahan kuota CPNS tersebut dikirimkan ke Kemenpan-RB, karena pihak Kemenpan-RB yang menyusun formasi penerimaan CPNS bagi daerah. Pihaknya berharap, dengan surat tersebut nantinya kuota Riau bisa ditambah.


"Kami akan kirim surat ke Kemenpan-RB terkait permintaan penambahan kuota CPNS tersebut. Hal ini juga sesuai arahan pak gubernur,"katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebelum pihaknya mengirimkan surat untuk penambahan kuota CPNS tersebut. Akan dilakukan rapat terlebih dahulu untuk mengetahui berapa jumlah kuota yang akan ditambah.

"Kami akan rapatkan dulu untuk membahas berapa penambahan kuotanya. Rapat tersebut juga akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memerlukan penambahan CPNS tersebut,"ujarnya.

Sejauh ini, demikian Ikhwan, OPD yang kekurangan PNS yakni Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) yakni diposisi polisi hutan, kemudian Dinas Kesehatan diposisi perawat serta Dinas Pendidikan diposisi guru.

"Hingga saat ini yang jelas kekurangan tiga OPD itu, namun demikian tidak menutup kemungkinan ada OPD lainnya yang juga kekurangan. Untuk itu akan kami bahas terlebih dahulu,"sebutnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Drs H Syamsuar mengatakan bahwa saat ini Pemprov Riau, kekurangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) khusus untuk posisi Polisi hutan (Polhut). Pasalnya, Polhut sudah banyak yang memasuki masa pensiun. 

"Saya dapat laporan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau bahwa saat ini Polhut sudah banyak yang pensiun,"kata gubernur.

Untuk mengisi posisi Polhut tersebut harus dari PNS, tidak bisa diangkat tenaga honorer karena para Polhut tersebut harus menerima pendidikan khusus.

"Jadi ada kekhususan, tidak bisa diangkat dari tenaga honorer,"sebutnya.

Karena itu, gubernur pada saat melakukan pertemuan dengan anggota DPR RI Komisi II membahas terkait persiapan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 di gedung daerah Riau Senin (12/4) siang. Gubri meminta agar kuota CPNS Riau ditambah.

"Kami minta agar kuota penerimaan CPNS Riau ditambah, karena jumlah PNS yang pensiun tidak sebanding dengan yang diterima,"katanya.(sol)
 


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com