Tiap Bulan Diperlukan 600 Kantong Darah

Riau | Senin, 14 Mei 2018 - 10:59 WIB

Tiap Bulan Diperlukan 600 Kantong Darah
Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan menyampaikan sambutan pada acara donor darah yang dilakukan di Tembilahan, baru-baru ini. 
TEMBILAHAN (RIAUPOS. CO) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Indragiri Hilir (Inhil) Hj Zulaikha Wardan, mengajak pihak pemerintah, swasta, kelompok dan perorangan untuk dapat mendonorkan darah.


Mengingat, dalam setiap bulannya PMI memerlukan sekitar 600 kantong darah. Sedangkan yang mampu dipenuhi oleh PMI hanya sekitar 50 hingga 60 persen dari angka tersebut di atas.
‘’Artinya kita masih kekurangan sekitar 50 persen,” ungkap Ketua PMI Inhil Hj Zulaikhah Wardan, akhir pekan kemarin.


Oleh sebab itu, masyarakat yang memerlukan darah disarankan memiliki darah pengganti terhadap stok yang sudah dipakai. Tujuannya juga untuk memenuhi keperluan masyarakat terhadap darah berikutnya.


Terhadap pihak-pihak yang selama ini terus terlibat mendonorkan darah, dikatakan Zulaikhah merupakan sebuah kebaikan dan perlu dicontoh bagi pihak yang belum pernah mendonorkan darah.


‘’Pada setiap kesempatan, saya selalu mengimbau seluruh instansi untuk mendonorkan darah,” tambahnya.


Syarat untuk mendonorkan darah cukup mudah. Terutama bagi mereka yang memiliki tubuh yang sehat. Sebab, petugas PMI terlebih dahulu akan memeriksa kesehatan calon pendonor. Diharapkan pula kepada seluruh camat, RT dan RW dapat mendata warga mereka yang sehat untuk dijadikan calon pendonor.


‘’Jadi, pada saat tertentu kita perlu darah kita sudah ada datanya. Kita tinggal menghubungi orang yang bersangkutan,” kata Ikha, sapaan akrab Zulaikhah.


Apa yang disampaikan Zulaikhah, merupakan potensi dalam memenuhi kebutuhan darah. Mengingat cukup tingginya permintaan darah di Markas PMI Inhil.(ind)


Diskes Kampar Lawan Covid-19






youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  hal-1.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com