Sempena HPN 2021, PWI Pokja Pekanbaru Suarakan Melawan Hoaks

Riau | Selasa, 15 Desember 2020 - 22:15 WIB

Sempena HPN 2021, PWI Pokja Pekanbaru Suarakan Melawan Hoaks
Moderator Cindy Permatasari (kiri) bersama Wakil Ketua PWI Pekanbaru Ali Nurman (kanan) dan Bidkum Polresta Pekanbaru Dr Rudi Pardede SH MH ( tengah) berdiskusi di acara Pekanbaru Lifestyle and Creativepreneur Space 2020 di Mal Ciputra Seraya Pekanbaru, Selasa (15/12/2020).(EVAN GUNANZAR/RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Prihatin dengan kondisi penyebaran berita hoaks di media siber dan media sosial bahkan media mainstream yang sampai kini marak, PWI Pokja Pekanbaru sebagai bagian dari PWI Provinsi Riau menyuarakan kepada masyarakat agar bijak dalam menyikapi berita-berita hoaks sebelum ikut menyebarkan. 

Agenda ini dilaksanakan PWI Pekanbaru dengan menggandeng Polresta Pekanbaru, dan bekerjasama dengan Abikom Event Organizer dan juga sponsor yang lain membalutnya dalam acara Pekanbaru Lifestyle and creative preneur space 2020 dengan #kebangkitanUMKMdanEKrafPekanbaru bersama menyuarakan agar masyarakat harus bijak dalam bermedsos agar tidak terjerat persoalan hukum dan bersama melawan hoaks agar Indonesia terbebas dari sebaran berita bohong, dengan tema Bersama Melawan Hoaks. 


Menghadirkan dua narasumber dari PWI Pekanbaru, Wakil Ketua Ali Nurman dan Dr Rudi Pardede SH MH dari Bidkum Polresta Pekanbaru. Dengan pembawa acara Cindy Permatasari. Giat ini dilaksanakan Selasa (15/12/2020) di Mal Ciputra Pekanbaru. 

Disampaikan Rudi, bahwa Indonesia harus lepas dari hoaks, bagaimana caranya? Perlu peran serta semua pihak, karena ada konsekuensi hukumnya. 

"Tidak bisa juga hanya dibebankan kepada salah satu pihak, Tapi kesadaran masyarakat lah yang paling ampuh untuk menghentikannya. Dan ini harus ditingkatkan terus. Sadar hukum. Perlu kroscek terhadap infomasi yang diterima via medsos sebelum disebarluaskan," katanya sembari  mengajak masyarakat harus bijak dalam bermedsos. 

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Pekanbaru Ali, juga menyebutkan bahwa peran media juga sangat penting.

“Dalam membuat produk jurnalis harus sesuai dengan kaedah-kaedah jurnalistik. Mengedukasi,” ujarnya. 

Maka dari itu, Ali mengajak dan menyuarakan masyarakat agar dapat bersama-sama melawan hoaks. Tentunya dengan selektif menerima info dari medsos. 

“Baca dulu sebelum diteruskan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Pekanbaru Agustiar mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian menyemarakkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Yang Akan dilaksanakan di seluruh PWI Cabang Se-Indonesia. 

“Berbeda dari tahun sebelumnya. Karena dampak Covid-19, sebelumnya dilaksanakan disatu titik puncak acaranya, namun tahun depan di seluruh cabang di Indonesia," tuturnya.

Berdasarkan keputusan PWI Pusat dan hasil rapat HPN 2021 PWI Provinsi Riau bersama PWI Kabupaten/Kota, karena dampak dari Covid-19 ini, maka perayaan HPN 9 Februari  dilaksanakan di daerah masing-masing secara serempak, termasuk di Provinsi Riau.

"Harapan kami meski perayaan nya berbeda namun semangat untuk melawan hoaks tetap terus digelorakan bersama PWI Riau, Pokja Pekanbaru,” harapan Agus.

Laporan: Evan Gunanzar (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Kepada yang Hidup
Munzir Hitami (Mantan Rektor UIN Suska Riau)

Kepada yang Hidup

Rabu, 21 April 2021

EPAPER RIAU POS  hal-1-ok.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com