TOUR

Pesona Wisata Sejarah Istana Rokan

Riau | Minggu, 16 Februari 2020 - 12:54 WIB

Pesona Wisata Sejarah Istana Rokan
Istana Rokan dilihat dari atas. (KACAMATA GOBER FOR RIAU POS)

Istana Rokan merupakan salah satu kerajaan tua di Riau yang sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Hingga kini, bangunan yang disebut Rumah Tinggi itu masih utuh dan banyak dikunjungi wisatawan.

Laporan KUNNI MASROHANTI, Rohul

RIAUPOS.CO -- Agak jauh dari pusat kota, yakni berjarak sekitar 46 kilometer. Inilah Istana Rokan yang terletak di Desa Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu. Untuk menuju ke sana kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, melalui jalan aspal mulus dan melewati bukit-bukit yang indah.

Istana Rokan dibangun  pada saat pemerintahan kesultanan Nagari Tuo dengan bentuk yang unik; tinggi dan bertingkat dengan tangga bagian depan yang cantik. Banyak rumah penduduk di sekitar istana yang mengikuti  bentuk dan model bangunan istana yang merupakan khas melayu ini.

Bila kita mengunjungi Istan Rokan, kita dapat melihat langsung tiga tangga yang melambangkan kekerabatan masyarakat Rokan IV Koto pada masa dahulu. Arti dari lambang tiga tangga ini yaitu, penguasa, adat dan alim ulama.

Selain Istana Rokan, di sekitar istana juga juga terdapat rumah persukuan yang masih terjaga dan terpelihara. Ada rumah suku Mais, suku Modang, dan suku Melayu. Tidak hanya pengunjung lokal, istana ini juga sering dikunjungi tamu mancanegara seperti Malaysia.***




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-04-05.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com