Stunting Ditemukan pada Keluarga yang Bermasalah Ekonomi

Riau | Kamis, 16 Maret 2023 - 11:53 WIB

Stunting Ditemukan pada Keluarga yang Bermasalah Ekonomi
Foto bersama saat melaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Kantor Bupati Pelalawan, Rabu (15/3) (ISTIMEWA)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Percepatan penurunan angka prevalensi stunting di Provinsi Riau terus dilakukan, dan sebagai wujud keseriusan dalam melakukan upaya Percepatan Penurunan Stunting dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di  Kantor Bupati Pelalawan, Rabu (15/3)

Forum ini merupakan tindak lanjut forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Stunting masih menjadi masalah serius yang menimbulkan dampak jangka panjang. Hal ini dikarenakan stunting tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik, namun juga akan memengaruhi kognitif anak.

Yamaha Alfa Scorpii

Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin SH MH menyampaikan,  untuk Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pelalawan pihaknya telah bekerja sama dengan Kemenag untuk melakukan skrining kepada calon pengantin dan rencananya TP PKK akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian untuk melakukan gerakan menanam daun kelor yang kaya akan manfaat.

Disebutkan bahwa sebagian besar stunting ditemukan pada keluarga yang memiliki permasalahan ekonomi. Oleh karena itu, sebagai wujud komitmen dan kepedulian terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Pelalawan, Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan dikukuhkan menjadi Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Tingkat Kabupaten Pelalawan.

Pengukuhan dibuktikan dengan pemasangan selempang oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra Mardalena Wati Yulia MSi kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan, Sella Pitaloka SAP.

Selain pengukuhan Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan sebagai BAAS Kabupaten Pelalawan, pada kesempatan ini juga dilakukan pengukuhan 12 orang Ketua TP PKK Kecamatan sebagai Bunda Genre Tingkat Kecamatan dan 118 pasang Duta Genre tingkat desa/kelurahan se-Kabupaten Pelalawan.

Prosesi pengukuhan disaksikan  Wakil Bupati Pelalawan, H Nasarudin SH MH, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Pelalawan, forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Dra Mardalena Wati Yulia MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan yang telah bersedia untuk dikukuhkan sebagai Bunda Asuh Anak Stunting, kepada Bunda Genre tingkat kecamatan dan kepada Duta Genre tingkat desa/kelurahan. Menurutnya pengukuhan ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Pelalawan untuk mendukung Program Bangga Kencana khususnya Percepatan Penurunan Stunting.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia dikukuhkan. Program ini diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih terhadap Percepatan Penurunan Stunting di Pelalawan,” ucapnya.(eca)









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook







EPAPER RIAU POS  23marDrt.jpg

Arya Duta





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com