PENDIDIKAN

Gubri Intruksikan Disdik Minta Petunjuk Kemendikbudristek Terkait PPDB

Riau | Rabu, 16 Juni 2021 - 11:02 WIB

Gubri Intruksikan Disdik Minta Petunjuk Kemendikbudristek Terkait PPDB
Masrul Kasmy (Sekdaprov Riau)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menginstruksikan Dinas Pendidikan (Disdik) Riau meminta petunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ini terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Riau yang terkendala.

Seharusnya PPDB tingkat SMA sederajat di Bumi Lancang Kuning sudah dimulai Senin (14/6) lalu.


Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Masrul Kasmy mengatakan, begitu mengetahui ada kendala, Gubri langsung memanggil Kepala Disdik Zul Ikram untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

"Pak Gubernur sudah memanggil Kepala Dinas Pendidikan. Kemudian Kepala Dinas Pendidikan juga sudah diperintahkan untuk meminta petunjuk terkait pelaksanaan PPDB ke Kemendikbud," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kepala Dinas Pendidikan Riau juga arahkan meminta petunjuk pelaksanaan PPDB terutama terkait anggaran. Karena salah satu yang menjadi kendala PPDB di Riau dari sisi pendanaan.

"Hari ini (kemarin, red) Kepala Dinas Pendidikan sudah berangkat ke Jakarta. Intinya meminta petunjuk. Minimal ada dasar untuk menggunakan dana operasional sekolah untuk pelaksanaan PPDB," ujarnya.

Dijelaskan Masrul, dalam sistem penganggaran Pemprov Riau sebenarnya saat ini masih bisa dimasukkan untuk pelaksanaan PPDB tersebut. Namun untuk penetapan pelelangan tidak cukup waktu.

"Karena awal Juli sudah harus dilaksanakan PPDB, sementara kalau melalui proses lelang akan memerlukan cukup waktu," sebutnya.

Bank BJB

Seperti diberitakan sebelumnya, Disdik Riau mengumumkan penundaan pelaksanaan PPDB untuk tingkat SMA/SMK di Riau. Seharusnya, PPDB untuk tingkat SMA/SMK tersebut dimulai hari Senin (14/6).

Kepala Disdik Riau Zul Ikram mengatakan, terkait penundaan PPDB tersebut juga sudah disampaikan surat kepada para kepala SMA/SMK negeri di Riau.

"Pelaksanaan PPDB online jenjang pendidikan SMA/SMK negeri se-Provinsi Riau yang semula dilakukan mulai tanggal 14-21 Juni ditunda pelaksanaannya," kata Zul Ikram.

Penundaan tersebut, lanjutnya, juga sudah merupakan hasil keputusan dari rapat bersama yang dilakukan dengan Penjabat Sekdaprov Riau. Kemudian juga mempedomani petunjuk teknis pelaksanaan PPDB 2021/2022.

"Untuk waktu jadwal pelaksanaannya kembali, akan diumumkan selanjutnya. Penundaan ini dilakukan karena ada kendala teknis yang perlu diselesaikan. Penundaan paling lama 14 hari," jelasnya.(sol)

 




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  8-betul.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-06 12:02:55
Alfansuri, ST, M.Sc (Dosen Politeknik Negeri Bengkalis) Pekanbaru Layak Miliki Politeknik Negeri 06 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com