PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN RESMIKAN TOL PERMAI

Tol Permai Digratiskan Sementara setelah Diresmikan

Riau | Rabu, 16 September 2020 - 11:35 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI menjadwalkan peresmian tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dalam waktu dekat. Bahkan, ada informasi yang beredar peresmian proyek infrastruktur tersebut akan dilaksanakan, Kamis (17/9) besok. Untuk kegiatan tersebut, dijadwalkan Presiden RI Joko Widodo bakal langsung meresmikan dari gerbang Dumai. Hanya saja, Pemprov Riau bersama forkopimda baru akan menggelar rapat persiapan, Rabu ini (16/9), untuk kepastian acara tersebut.

Jadi atau tidaknya acara tersebut besok, yang pasti setelah diresmikan nantinya, ruas jalur bebas hambatan sepanjang 131 km ini bakal langsung beroperasi. Hal ini serupa dengan beberapa ruas lainnya yang sudah diresmikan Presiden dan langsung beroperasi. Mengenai pembayaran untuk melewati Tol Permai, menurut informasi yang dirangkum Riau Pos, sementara bakal digratiskan terlebih dahulu hingga terbit regulasi dan mekanisme harga dari pemerintah secara resmi.

Informasi peresmian tol Pekanbaru-Dumai memang sudah beberapa kali ditunda. Paling anyar, pada pertengahan Agustus lalu atau saat hari kemerdekaan, dan juga tersiar kabar akan dilaksanakan peresmian bersamaan saat Presiden meresmikan Tol Aceh. Namun seluruh jadwal tersebut belum terlaksana dan kembali dijadwalkan besok.

"Kamis jam dua (14.00 WIB, red), Pak Presiden,  in sya Allah langsung hadir," kata pihak Kementerian PUPR RI dari Satker PJN Riau Darmawi dikonfirmasi Riau Pos perihal kebenaran informasi yang diterima Selasa (15/9) siang.

Mengenai jadwal peresmian, pihak terkait dari pelaksana pekerjaan proyek Tol Permai, dalam hal ini PT Hutama Karya (HK) belum mendapatkan informasi resmi dan masih dalam posisi menunggu.

"HK masih menunggu jadwal peresmian yang fix. Jadwal akan dikeluarkan Menteri PUPR setelah rapat dengan Tim Kepresidenan," ungkap SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan dikonfirmasi kemarin sore.


Seiring waktu, sore kemarin, Riau Pos  mendapatkan informasi undangan peresmian yang beredar. Undangan dari Kementerian PUPR tersebut menyebut peresmian bakal dilaksanakan Kamis (17/9) pukul 14.00 WIB. Undangan terbatas dan acara akan dilaksanakan secara sederhana serta sangat terbatas pula di gerbang Tol Dumai, Riau.

Dilanjutkan M Fauzan, setelah diresmikan nantinya ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai akan langsung beroperasi.

"Biasanya 1 hari atau bisa kurang dari 1 hari, setelah pembersihan area dan penyiapan petugas," tambahnya.

Fauzan juga menerangkan, ketika disinggung perihal harga per kilometer untuk melewati tol dengan enam gerbang ini, sementara akan digratiskan terlebih dahulu.

"Seperti biasa masih akan dibuka tanpa pembayaran alias gratis sampai penetapan Menteri PU tentang berbayar dan besarnya tarif keluar. Biasanya gratis beberapa pekan/minggu. Sangat tergantung regulasi," sambungnya.

Sementara itu PT HK, baru-baru ini juga sudah menerima sertifikat laik operasi dari Kementerian PUPR untuk enam ruas jalan tol yang dibangunnya di Riau. SLO terbaru yang keluar adalah dari seksi 2 hingga seksi 6 memasuki pekan kedua September kemarin. Sementara SLO untuk seksi 1 sudah keluar sejak akhir 2019 silam. Disinggung kepastian kehadiran Presiden, M Fauzan menambahkan berkaca dari pengalaman pada acara peresmian Tol Sigli-Banda Aceh, walaupun di tengah pandemi seperti sekarang, Presiden tetap menyempatkan hadir beberapa pekan lalu di Aceh.

"RI 1 akan menyempatkan hadir fisik tentunya dengan protokol ketat. Kami (HK, red) juga sangat berharap Pak Presiden bisa hadir fisik di peresmian Tol Permai ini," katanya.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Riau bersama dengan Forkopimda Riau, pagi ini dijadwalkan melakukan rapat persiapan kedatangan Presiden Jokowi ke Riau untuk peresmian jalan Tol Permai. Rapat tersebut dilaksanakan dengan pihak protokol kepresidenan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan Riau Taufiq OH mengatakan, untuk kepastian kedatangan Presiden tersebut baru bisa dipastikan setelah dilakukan rapat persiapan pagi ini.

"Kepastian Presiden datang baru besok (hari ini, red) diketahui, setelah rapat dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR dan Protokol Kepresidenan," katanya.

Dalam rapat yang akan dilaksanakan secara virtual tersebut, dari Riau akan akan diikuti oleh Kapolda Riau, Danrem, Danlanud, Sekda Riau, Sekda Dumai dan beberapa kepala dinas terkait dilingkungan Pemprov Riau.

"Rapat akan dilakukan secara virtual, di Riau akan dilaksanakan dari Gedung Daerah Riau pukul 09.00 WIB," kata Taufiq.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Dumai mempersiapkan secara matang peresmian Tol Permai. Pasalnya peresmian akan dipusatkan di pintu gerbang Tol Dumai yang berada di Kecamatan Bukit Kapur.

"Benar, besok (hari, red) ada rapat virtual dalam rangka persiapan peresmian. Rencananya Presiden Jokowi akan meresmikan," ujar Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP)  Diskominfo Kota Dumai, Muhammad Sadam.

Ia mengatakan rapat virtual bersama Provinsi Riau akan di laksanakan di Command Center Diskomfinfo Kota Dumai Jalan HR Soebrantas.

"Apa saja yang menjadi arahan pada rapat tersebut itu yang akan dilaksanakan," terangnya.

Masyarakat Kota Dumai menyambut baik rencana peresmian Tol Pekanbaru-Dumai tersebut. "Ya, kami sudah mendengar, tol segera di resmikan Presiden Joko Widodo, tentunya kami sangat menyambut baik," sebut warga Kecamatan Bukit Kapur, Samsul.

Ia mengatakan dengan diresmikannya Tol tersebut akan memudahkan dan  mempercepat masyarakat untuk sampai ke Pekanbaru. "Jika setelah diresmikan boleh langsung dilalui masyarakat, saya rencananya mau test drive ke Pekanbaru," terangnya.

Selain itu, ia juga berharap dengan diresmikannya Tol Pekanbaru-Dumai tersebut akan meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Dumai. "Mudah-mudahan persemaian nantinya berjalan lancar," tutupnya.(egp/sol/hsb)

 





youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-09-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com