MANFAATKAN LAHAN UNTUK TUMPANG SARI

Gubri Apresiasi Ikhtiar Pemda dan Perusahaan

Riau | Rabu, 16 September 2020 - 22:22 WIB

Gubri Apresiasi Ikhtiar Pemda dan Perusahaan
Gubri H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi serta Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Syech Ismed melakukan penanaman perdana tumpang sari jagung di Kawasan HTI Arara Abadi, Distrik Tapung, Rabu (16/9/2020).(ARARA ABADI FOR RIAUPOS.CO)

BAGIKAN


BACA JUGA

loading...

TAPUNG (RIAUPOS.CO) - Gubernur  Riau H Syamsuar menyambut baik dari ikhtiar Pemda Kampar, Perusahaan Arara Abadi dan Kelompok Tani Hutan yang telah memanfaatkan lahan untuk kegiatan tumpang sari tanaman perdana jagung dilahan konsesi perusahaan. 

Hal ini dinilai dapat menjadi percontohan dalam mengembangkan lahan untuk tumpang sari. Demikian disampaikan Gubernur Riau ketika menghadiri dan melakukan tanam perdana tumpang sari tanaman jagung di Areal Konsesi PT Arara Abadi di Desa Mukti Sari, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Rabu (16/9/2020). 

Selain gubernur, hadir juga Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda) Riau. Diantaranya Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Dandrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Syech Ismed, juga bersama Kadis LHK Riau Mamun Murrod, Kadis Pertanian Riau dan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto serta Direktur Arara Abadi Edi Haris dan Direktur Indah Kiat Hasanuddin The. 


Aksi kepedulian terhadap lingkungan itu diwujudkan dengan Penanaman Perdana Tumpang Sari Tanaman Jagung bersama kelompok tani hutan (KTH).

Kegiatan Tumpang Sari Tanam Perdana Jagung di Kawasan Hutan Tanaman Idustri (HTI) merupakan program ketahanan pangan Forkopinda Riau yang bekerjasama PT Arara Abadi-Sinar Mas Forestry dengan KTH Sendang Berkah Aryastya dan Kodim 0313/KPR di Wilayah Kampar.

Dalam implementasikan memanfaatkan sekitar 25 Hektar lahan konsesi HTI (Hutan Tanam Industri) PT Arara Abadi dengan sistim tumpang sari.

"Saya menyambut baik ikhtiar mulai dari Pemda Kampar, Perusahaan Arara Abadi dan juga dari Kelompok Tani yang telah menjalin kerjasama yang baik dalam rangka pemanfaatan lahan yang ada dalam konsesi PT Arara Abadi. Ini kami harapkan akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, termasuk juga dengan perusahaan-perusahaan yang lain,” sebut gubri.

Sementara itu Dandrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Syech Ismed sangat menyambut baik kegiatan penanaman perdana.

”Selaku komdandan korem saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi lahan pertanian jagung seluas 25 Ha dan ini perdana dilakukan di Desa Mukhti Sari atau Bencah Lubi, Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Saya sudah menyampaikan kepada kelompok tani penanaman ini bisa dilakukan 3x dalam satu tahun. Jika lebih dari 3 kali nantinya tanaman jagung bisa tidak produktif lagi, karena tanaman akasia akan semangkin tinggi dan tanaman jagung tidak subur,” tuturnya.

Sementara itu ditempat yang sama Direktur PT Arara Abadi Edi Haris menyampaikan pengelolaan lahan yang diberikan seluas 25 hektar untuk Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryastya, sebagai bentuk tanggung jawab dan dukungan perusahaan terhadap pemerintah dalam hal ketahanan pangan.

Tidak hanya itu, 25 hektar lahan yang dikelola kelompok petani sangat mungkin diperluas lagi, jika program tanaman jagung ini berhasil.

“Ini merupakan bentuk wujud tanggung jawab dan mendukung program dalam hal ketahanan pangan. Kita berharap ini uji cobanya. Jika 25 hektar ini berhasil, tidak tertutup kemungkinan kita luaskan lagi ini program. Sehingga masyarakat dapat merasakannya. Mudah-mudahan program ketahanan pangan ini diridoi Allah," paparnya.(rls/ifr)

Editor: Afiat Ananda


Diskes Kampar Lawan Covid-19








youtube riaupos


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-22.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com