MUI Riau Sampaikan Taklimat dan Imbauan

Riau | Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:00 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Menyikapi prihal ujuk rasa dan menyampaikan pendapat di depan umum akhir-akhir ini yang dilakukan oleh berbagai element masyarakat berkenaan dengan pengesahan rancangan. Undang-undang, serta adanya pengawalan dan pengamanan oleh pihak penegak hukum dan keamanan, namun masih juga terjadi prilaku anarkisme oleh oknum-oknum yang membuat kekacauan. Maka dengan kondisi tersebut pimpinan Majelis Ulama Indoensia (MUI) Riau menyampaikan ta'limat dan imbauan. 


Hal itu sampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof Dr H Nazir Karim. Ia menjelaskan, imbauan yang pertama adalah MUI Riau mendukung Taklimat MUI Pusat No Kep.1730/DP-MUI/X/2020 tanggal 8 Oktober 2020 dan selanjutnya meminta Presiden RI mengganti UU Cipta Kerja dengan menerbitkan Perpu yang isinya lebih berpihak untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata, sesuai dengan kehendak konstitusi.

Selanjutnya, MUI Riau sangat menyesalkan dan prihatin terhadap adanya beberapa aksi anarkis dalam ivent unjuk rasa  dan penyampaian pendapat yang sangat mungkin ditunggangi oleh oknum -oknum yang tidak bertanggungjawab, serta terjadinya penanganan secara refresip oleh oknum aparat penegak hukum dan keamanan. 

"Berdasarkan pada poin 2 di atas, MUI Riau kepada pengunjuk rasa untuk lebih mengedepankan cara penyampaian pendapat secara damai, bermartabat dan mewaspadai adanya oknum-oknum yang dengan sengaja melakukan tindakan anarkis. Karena aksi anrakisme adalah bertentangan dengan nilai-nilai Islam,"ujar Prof Dr H Nazir Karim, Kamis (15/10).

Selain itu, MUI Riau juga mengimbau dan miminta kepada aparat kepolisian untuk menjaga dan melindungi hak asasi manusia para pengunjuk rasa, karena unjuk rasa dan menyampaikan pendapat di depan umum dilindungi oleh konstitusi dan perundang-undangan. 

"Kami juga mengharapkan kepada pemerintah dan dewan untuk lebih fokus dalam menangani wabah Covid-19 dan berupaya dengan sungguh-sungguh merespon aspirasi masyarakat dengan Arif, serta tidak membuat kebijakan-kebijakan yang kontroversial. Dan sangat mungkin akan merugikan masyarakat banyak," harapnya. 

Ditambahkannya, selain itu MUI Riau juga mengharapkan kepada segenap eleman masyarakat untuk senantiasa memperkuat ukhuwah, memperkokoh persatuan, menjaga ketertiban dan tidak mudah terprovokasi serta tetap mewaspadai upaya adu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. (dof)








youtube riaupos

Diskes Kampar Lawan Covid-19
Diskes Rohul Lawan Covid-19

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU





EPAPER RIAU POS  2020-10-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com