KELAUTAN

Nelayan di Perairan Riau Ini Ditegur karena Gunakan Trawl

Riau | Jumat, 17 Juli 2020 - 04:33 WIB

Nelayan di Perairan Riau Ini Ditegur karena Gunakan Trawl
Kepala UPT PSDKP Wilayah III Hermanto SPi, perlihatkan alat tangkap terlarang yang dipergunakan nelayan di Perairan Sinaboi, Kamis (16/7/2020).(ZULFADHLI/RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Tertangkap tangan melakukan penangkapan ikan mengunakan alat tangkap terlarang (trawl), sejumlah nelayan diamankan dan selanjutnya mendapatkan pembinaan dari pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) bidang Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah III Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan Kepala UPT PSDKP Wilayah III Hermanto SPi, Kamis (16/7/2020) di Bagansiapiapi. 


"Saat itu kami lakukan patroli pengawasan di perairan Rohil, pada Rabu 15 Juli dan saat di perairan Sinaboi sekitar pukul 14.00 wib tertangkap tangan ada yang mengunakan alat terlarang untuk menangkap ikan," kata Hermanto.

Selanjutnya boat dan nelayan yang berasal dari Kepenghuluan Raja Bejamu, Sinaboi tersebut dibawa ke pelabuhan terdekat UPT Bidang PSDKP Wilayah IIII di Bagansiapiapi untuk dilakukan proses lebih lanjut.

"Karena kapal tersebut termasuk nelayan kecil, kurang dari 10 GT maka terhadap orang atau tekong dilakukan pembinaan sementara alat tangkap dirampas untuk dimusnahkan atau disimpan di gudang Barang Bukti (BB) UPT," kata Hermanto.

Sejumlah nelayan tersebut, dengan pemilik boat Ngatiman (38), tekong Rahmat (27) diberikan peringatan keras dan membuat surat pernyataan. 

"Mereka diberi peringatan keras, tak akan melakukan penangkapan mengunakan alat terlarang lagi,  tak mengulangi kesalahan dan mengubah alat tangkap yang dipergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan ramah lingkungan," kata Hermanto.

Laporan : Zulfadhli (Bagansiapiapi)

Editor: Eka G Putra



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com