Penderita ISPA di Pekanbaru Meningkat

Riau | Selasa, 17 September 2019 - 09:40 WIB

Penderita ISPA di Pekanbaru Meningkat
Warga mendapatkan bantuan oksigen karena mengalami gangguan pernapasan akibat terpapar kabut asap di posko Kesehatan DPW PKS Provinsi Riau. (EVAN GUNANZAR/RIAU POS)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Kabut asap yang terus menyelimuti Bumi Lancang Kuning membuat masyarakat terpapar infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Di Pekanbaru dalam sepekan terakhir terdata 1.596 orang terserang ISPA.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan penanganan dengan memberi pengobatan gratis di 21 puskesmas dan RS Madani milik Pemko Pekanbaru. Jika dirinci pada 9 September lalu ada 290 orang yang berobat atas indikasi terserang ISPA. Selanjutnya 10 September ada 281 orang. Di 11 September tercatat 315 orang. Berikutnya pada 12 September 270 orang, 13 September 250 orang dan terakhir 14 September 190 orang.


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi, Senin (16/9) memaparkan, dalam pencegahan dan pengendalian penyakit akibat dampak kabut asap, beberapa langkah dilakukan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Kami promosi kesehatan agar masyarakat waspada terhadap kesehatan dirinya," katanya.

Sementara itu, Pemko Pekanbaru membuka 42 rumah singgah dan posko penanggulangan bagi warga yang terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Rumah singgah terdiri dari kantor pemerintah dan posko kesehatan adalah puskesmas dan RS Madani yang berada dibawah pengelolaan Pemko Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru HM Noer MBS memaparkan, seluruh posko dan rumah singgah yang disiapkan oleh Pemko Pekanbaru itu sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang.

>>Berita selengkapnya baca Riau Pos hari ini.

Laporan : Tim Riau Pos

Editor : Rinaldi

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-05-ok.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com